Kasus HIV/AIDS di Dogiyai semakin Bertambah

Kasus HIV/AIDS di Dogiyai semakin Bertambah

Foto: Ist

Jujur, bulu badan saya merinding tidak teratur. Ketika saya membaca buletin Dogiyai Bahagia Edisi IV di Halaman 24 tentang Info Ringkas Imunodeficiency Virus, Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Puskesmas Moanemani Dogiyai Papua. bahwa Jumlah total Pasien yang telah terinfeksi (ODHA), Jumlah ODHA on ARV angkanya Kumulatif.

Pasien yang pernah minum antiretroviral (ARV) Jumlah Kumulatif Pasien, tapi banyak pasien yang tidak pernah hadir untuk berobat ARV. Dalam data lenngkap jumlah Kasus HIV/AIDS terbaru dari Tahun 2017 hingga maret February 2019 Dogiyai bisa dikatakan banyak jiwa yang terinfeksi Humon tersebut. Dari data berdasarkan Usianya, Jumlah yang paling banyak adalah 15-19 Tahun. Jumlah paling banyak kedua adalah 20-24 tahun.

Berikut adalah Usia 25-49 masih ada lagi usia 2-14 Tahun, 50 Tahun. Berikut adalah Usia 25-49 masih ada lagi usia 2-14 Tahun, 50 Tahun. Jumlah Kasus baru HIV/AIDS dari 2017-Februari 2019 sebanyak 146 Kasus. Semuanya dapat diklasifikasikan berdasarkan sebaran kampung:
1. Desa Mauwa 27 Org,
2. Desa Ikebo 18 Org,
3. Desa Ekemanida 9 Org,
4. Desa Kimupugi 16 Org,
5. Desa Idakebo 5 Org,
6. Desa Egebutu, Desa Obaibega dan Desa Ekimani masing masing 4 Org
7. Desa Putapa, Desa Pugatadi dan Desa Nuwa masing-masing 3 Org,
8. Desa Dikiyouwo, Desa Bunaouwo, Desa Botumoma, Desa Botukebo, Desa Muniopa dan Desa Yepo 2 Org dan
9. Desa Dogimani, Desa Bukapa, Desa Yametadi, Desa Yotapuga, Desa Goodide, Desa Timepa, Desa Makidimi, Desa Puweta, Desa Deiyai, Desa Denemani, Desa Motito, Desa Deiyapa, Desa Obayo dan Digikebo masing masing 1 Org.

Ini baru data Kasus HIV/AIDS yang sudah pernah berobat ke Puskesmas Moanemani. Sementara Total ODHA yang datang ke Puskesmas Moanemani itu sebanyak 386 orang. Tidak terhitung dengan ODHA yang tidak sempat datang ke Puskesmas Moanemani. Maka, langkah selanjutnya kita orang Dogiyai apa? Apakah Kinerja KPA Dogiyai yang lalu efektifkan kembali, apakah perlu ada Rumah ODHA? Bagaimana nasib hidup ODHA?, Dll.

Sebaiknya ini masalah serius yang kita harus diskusikan dan tangani barang ini.

Salam Perubahan.

(Admin/SM)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *