Ipmado Semarang Mengadakan Pelatihan Menulis Berita pada Jurnalisme Media Online

Ipmado Semarang Mengadakan Pelatihan Menulis Berita pada Jurnalisme Media Online

Cp: Foto Bersama peserta pelatihan teknik penulisan berita pada Jurnalisme media online di Asrama Dogiyai (Rudi Tebai)

Semarang,Suaramepago.com – Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dogiyai (Ipmado) Semarang mengadakan pelatihan Teknik Penulisan Berita Pada Jurnalisme Media Online. Pelatihan jurnalisme berlangsung   di asrama Dogiyai, Jl. Peteraya, Gununng Pati- Semarang. Kamis, (02/05/2019).

Diskusi tersebut dipandu oleh wartawan http://www.suarameepago.com, Sesilius Kegou. Dalam diskusi berlajalan, pemateri teknik penulisan berita mengajak kepada semua peserta untuk mulai menulis (opini/artike, cerpen, puisi, berita dll), karena sebagai Mahasiswa dituntut untuk harus menulis karena menulis adalah simbol status terpelajar.

“Dari dunia lisan menuju tulisan sangat susah, tapi itu hanya tahapan awal. Sekalipun banyak akal muncul di otak kita, tapi ketika pegang pena hilang akal, itu soal bisasa. Tentu, sering terjadi di awal latihan menulis. Tapi ada satu syarat untuk mengatasinya, yaitu keseriusan menulis dan membaca. Ingat curi kata di buku melalui baca,” Papar Kegou.

Sebayak 13 peserta pelatihan Jurnalisme antusias mengikuti pelatihan teknik penulisan berita pada media online di lingkungan asrama Dogiyai, Pukul 20:00 WIB hingga selesai.  Kegou juga mejelaskan realita Mahasiswa pada masa ini, Mahasiswa jarang  terjun ke dunia tulisan.

Akhir dari pemaparan materi, pemateri menyiapkan satu berita. Berita tersebut telah hapus tanda-tanda baca,  tanpa alinea untuk mengedit ulang  oleh peserta di setiap kelompok. Di sela-sela itu, peserta pelatihan, Hana Tebai juga berterimakasih kepada pemateri yang telah mengajak untuk menulis.

“Terimakasih kepada pemateri. Materi penulisan berita ini membantu kami untuk menulis lagi, semoga materi ini membuat kita menghasilkan tulisan-tulisan baru selanjutnya,” Ujar Hana Tebai setelah proses pengeditan berita.

(Admin/SM)

 

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *