Ketua BMDS minta Misi Jumpaberlindei ditindaklanjuti demi Deiyai Bersih

Jayapura, Suara Mee- Ketua Barisa Muda Sejahtera Mando Mote mengatakan, dalam rangka menciptakan Kabupaten Deiyai yang bersih, maka semua komponen pemerintahan harus melanjutkan misi Jumpaberlindei (Jumat Pagi Bersih-bersih lingkungan Detail) yang dicanangkan oleh Pj. Bupati Deiyai F. X MOTE di sejak itu.
“Kami berpikir bahwa misi Jumpaberlindei yang pernah dilakukan setiap hari jumat merupakan kegiatan yang wajib dan produktif bagi daerah. Dimana  TNI/POLRI, ASN,  bersama masyarakat pada hari jumat melakukan kegiatan pembersihkan lingkungan yakni Di kantor, Jalan, bahkan pasar yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Deyai F. X MOTE,” kata Mando Mote kepada Jubi, melalui sambungan telepon, Kamis (30/5/2019).
Mando Mote mengatakan, hal ini harus didorong lantaran Wagete Ibu Kota Kabupaten Deiyai sedang menjadi tempat sampah sejak 2009 hingga saat ini.
“Semoga program pembersihan lingkungan dengan misi Jumpaberlindei ini ditindaklanjuti dalam program 100 hari kerja Bupati Deiyai,” katanya.
Mote menilai selama ini banyak tumpukan sampah baik plastik, botol, kaleng, Plastik bertumpukan di depan kios, jalan, lapangan.
“Oleh sebab itu para pedagang yang ada di Deyai (Wakeitei)  harus terlibat jangan hanya tau jual barang tanpa menjaga dan melakukan kegiatan pembersihan. Mereka tau jual barang cari untung sementara tidak tau jaga kebersihan lingkungan setempat apalagi melakukan bakti sosial,” katanya.
Mando Mote mengatakan, semestinya pemerintah perlu memberikan  ketegasan melalui peraturan. “Hal ini dapat menjadi penyampaian agar kita sama sama jaga kebersihan lingkungan deiyai yang kita sama – sama cintai ini,” katanya.
Mando mengusulkan juga agar harus dibuatkan tempat pembuangan sampah sementara (TPS)  dan tempat pembuangan sampah akhir (TPA)  di kabupaten Deiyai.
“Kalau kita bicara soal dampak sampah terhadap lingkungan cukup besar seperti polusi udara bahkan terhadap danau tigi. Mari kita sama-sama cintai deiyai dan untuk menciptakan deiyai bersih adalah menjadi tanggungjawab bersama baik itu masyarakat, pemuda, TNI/POLRI maupun pemerintah daerah Deiyai,” katanya.
Sementara itu pemuda Deiyai lainnya, Yanpit Kotouki mengatakan, pentingnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai hidup sehat dan lingkungan bersih kepada masyarakat.
“Tujuannya adalah masyarakat bisa memahami mengenai mengelola lingkungan sekitar mereka,” katanya.

Tinggalkan Balasan