Albert Wanimbo, jaga keharmonisan antar umat beragama

Jayapura, Suara Mee – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia Albert G. Wanimbo mengimbau kepada semua pemuda di Tanah Papua untuk tetap menjaga keharmonisan antar umat Bergama, saling bergandengan tangan untuk menjadikan Papua sebagai Tanah yang damai.

“Saya meminta kepada pemuda pemudi harus saling membatu untuk menjaga ketertibaan, kemanan di masa idul fitri ini. Sebab pemuda barometer dan tulang punggung dalam memperjuangkan keberagaman di Tanah Papua,” katanya kepada Suara Mee, Rabu  (10/6/2019).

Wanimbo mengatakan,  bentuk keharmonisan pemuda terhadap umat beraga harus di tunjukan melalui sikap dan bukti nyata dalam masyarakat.

“Maka dalam bulan puasa, Idul Fitri, Natal, Paskah, waisak, dsb pemuda harus mengambil peran, minimal menjaga kemanan di temapat- tempat ibadah tersebut. Namun sebelum bertugas harus melaporkan diri agar tidak menimbulkan rasa saling curiga,” katanya.

Albert mengatakan,  apabila selama ini ada oragnisasi kepemudaan yang terlibat dalam menjaga kemanan itu sangat baik dan mereka menjadi teladan. Pemuda lain harunya meniru dan melaksanakannya.

“Saya mengapresiasi pemuda  pemudi dan itu yang dapat mempersatukan kita dan tidak membeda bedakan kita sebagai pemuda nusantara, dan kita bangun Papua sebagai contoh puralis di Indonesia bahkan di dunia,” katanya.

Albert mengatakan, Papua sebagai miniaturnya Indonesia iulah yang menjadi penting dalam menbangun kekuatan pemuda untuk mengisi pembngunan di Tanah Papua.  “Sebab kita adalah calon pemimpin yang harus memahami praktek pluralism dari sekarang untuk nantinya,” katanya.

Ketua Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Benedikutus Bame mengatakan bahwa, papua sebagai tanah yang multikultur ini harus dijaga.

“Apalagi ada oknum-oknum yang mau menghancurkan papua dari kerukunan yang telah terbangun lama. Hal ini yang harus dicegah oleh setiap kita agar bisa ada perubahan yang lebih baik lagi,” katanya.

Tinggalkan Balasan