Hidup; Katakan Dengan Jujur

Hidup; Katakan Dengan Jujur

Cp: Foto pribadi Penulis

Oleh: Sepi S. Boma

Kejujuran tak pernah bersalah dan berdosa sebab berbicara secara kejujuran dan menyampaikan secara transparan akan membuat anda nyaman. Sehingga jangan buang perasaan, jangan pernah sangka dan jangan pernah menceritakan dibelakangan layar mata bersangkutan, tetapi jika anda merasa kejujuran sangat penting maka katakan secara keterbukaan atau transparansi.

Berbicara secara transparan atau keterbukaan sangat penting bagi setiap insan yang hidup diatas Permukaan bumi baik dimana saja berada sampai dipelosok bumi. Untuk itu, aku akan memberikan suatu ilustrasi buat anda bahwa kejujuran terhadap orang lain sangat importan.

Sebelum anda berinteraksi dengan orang lain, suku lain dan Agama lain anda harus memberikan ilustrasi atau angan-angan pikiran kepada orang lain dengan jujur sebab kejujuran anda akan menginspirasi hidup bagi seseorang yang akan membutuhkannya.

Kebaikkan seseorang depedensi pada kejujuran sehingga tetap akan memberikan kontribusi pikiran secara jujur, transparansi dan kesediaan agar ada keadilan dan kemakmuran dalam setiap langkah yang akan anda tempuh.

Seberapa besar kejujuran anda dalam hidup ini? Bila anda merasa ada satu hal yang pernah anda jujur terhadap orang lain maka kejujuran itu yang akan mengantar anda pada pintu berkah kesuksesan dan keberhasilan anda sendiri. Oleh sebab itu, setiap insan baik muda-mudi perlu memahami isi, arti dan makna dari kejujuran yang kemudian akan menjadi senjata yang paling ampuh nantinya, Katanya.

Ketika anda menyampaikan suatu perkataan baik secara motivasi, arahan dan dorongan maka alunan bahasa yang menghiasi dalam setiap perkataan perlu analisa atau eufemisme lalu menyampaikan sebab belum tentu kebanyakan orang percaya dan tidaknya.

Setiap perkataan akan menilai dari intonasi nada suaranya, alunan bahasanya yang pernah anda lakukan sebelum maka sesuai dengan posisi badan dan ekspresi wajahnya mereka pasti akan percaya. Ada beberapa yang akan menilai dalam setiap perkataan anda, yakni; (1) Apakah anda pernah jujur terhadap orang lain? (2) Apakah anda pernah berbuat baik terhadap orang lain? (3) Apakah anda pernah mengasihi terhadap sesama atau orang lain? (4) Apakah dalam hidup anda kejujuran tetap ada pada posisi depan? (5) Apakah anda Selalu memberikan yang terbaik kepada orang lain? (6) Apakah anda tenang terhadap orang lain? (7) Apakah pergaulan anda terbuka? (8) Apakah anda baik hati terhadap orang lain? (9) Apakah anda Sadar diri terhadap orang lain? (10) Apakah ada ketakutan dalam hidup anda terhadap orang lain? Dll.

Sebab manusia diatas permukaan bumi sampai pelosok bumi ini akan mengimajinasi dan membayangkan hal yang lebih jauh dan lebih besar sehingga setiap perkataan yang akan anda lontarkan perlu kejujuran dan bertindak secara sadar diri.

Percaya diri, berpikir secara rasional dan bertindak atas kebenaran, semua tak akan bersalah maka antisipasi dalam setiap penyampaiannya.

Salam_Literasi. Jayapura, 06 Agustus 2019

Penulis adalah: kuliah di Jayapura

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *