Angkat potensi ekonomi mikro, Komferda KAPP Paniai di gelar besok

Angkat potensi ekonomi mikro, Komferda KAPP Paniai di gelar besok

Cp: Suasana kegiatan

Paniai, Suara Meepago – Sekertaris Umum Kamar Adat Pengusaha Papua Tepinus Waroman mengatakan, besok akan di gelar Konfrensi Daerah (Komferda KAPP) di Kabupaten Paniai. Komferda ini penting untuk meningkatkan pelaku usaha di kabupaten setempat. Sekaligus untuk melakukan penguatan organisasi.

“Kami gelar Komferda KAPP Paniai di Enaro Tali, biar dekat dengan pelaku usaha di kabupaten setempat. Agar masyarakat merasa memiliki dan mengangkat potensi potensi ekonomi yang ada,” katanya kepada, Jubi di Aula Kantor Bupati Paniai, Rabu (7/8/2019).

Tepinus Waroman mengatakan, seusai melakukan Konfrensi Luar Biasa (KLB) Pertama di Jayapura. Dan ini penyelenggaraan Konferensi daerah yang pertama di Kabupaten Paniai dan kedua untuk wilayah Meepago.

“Beberapa kabupaten sudah di selenggarakan Konferda, seperti, Nabire, Paniai besok, Deiyai, Sorong dan beberapa tempat sedang dipersiapkan untuk dilakukan konfrensi,”katanya.

Tepinus Waroman mengatakan, tujuan dilaksanakan Konfrensi agar mengaktifkan kembali organisasi KAPP sekaligus mendata kembali Orang Asli Papua yang aktif dalam berwirausaha.

“Agar masyarakat Paniai yang sedang melakoni usaha mikro maupun makro bisa berpartisipasi dalam program program yang dicanangkan oleh KAPP, selain bergabung kami juga akan membina mereka,” katanya.

Tepinus Waroman, berharap kepada KAPP Paniai agar dapat merangkul semua orang Asli Papua khususnya Paniai untuk bisa berwirausaha.

“Agar masyarakat dapat mendongkrak ekonomi dalam keluarga dan di kabupaten Paniai. Agar orang asli Papua bisa berkompetisi dengan orang lain di luar Papua,” bebernya.

Sementara itu Koordinator Wilayah Kamar Adat Pengusaha Papua wilayah Meepago, Natan Naftali Tebay mengatakan, wujud penyelenggaraan dari hasil konsolidasi pemegang mandat organisasi sementara. Konfrensi ini diselenggarakan berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KAPP Papua.

“Bagaimana karakter membangun komunikasi dengan mitra mita usaha seperti bank Papua BRI, Pemerintah Daerah, dan kelompok usaha jasa real, seperti mama-mama pasar pembuat pernak pernik dan lainnya,” katanya.

Natan mengatakan, mereka disatukan ruang sidang untuk memilih dan dipilih agar mendapatkan pengakuan siapa pemimpin KAPP. Menyusun badan pengurus dan melaksanakan program kerja untuk peningkatan mutu ekonomi

“Ada satu daerah yang belum siap yaitu intan Jaya. Kepengurusannya akan dievaluasi. Batas konferda Wilayah Meepago hari ini karena tanggal 19-24 semua pengurus daerah secara Devenitif kumpul di Jayapura untuk mengadakan konferensi pusat khusus,” jelasnya.

Natan mengatakan, semua keputusan dalam mengacu pada sidang Konferda.”Jadi kami menolak tunjuk menunjuk tanpa mekanisme organisasi yang benar,” Katanya.

Reporter : Hengky Yeimo

Editor : –

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *