Sikap dan Perilaku Mahasiswa yang Ber-Etika

Sikap dan Perilaku Mahasiswa yang Ber-Etika

Cp: Foto Penulis

Oleh: Donatus Douw)*

Belajar merupakan hak setiap orang, akan tetapi kegiatan belajar di suatu perguruan tinggi merupakan suatu hak istimewa karena hanya memenuhi syarat yang berhak belajar di lembaga pendidikan tinggi tersebut. Dengan pengakuan, harapan adalah bahwa sesorang yang telah memahami proses belajar secara formal akan mempunyai wawasan, pengetahuan keterampilan, kepribadian dan perilaku tertentu sesuai dengan apa yang ingin tuju lembaga pendidikan.

Pada umumnya dikaitkan dengan tujuan pendidikan nasional. Yang perlu dicacat bahwa belajar merupakan kegiatan individual tertentu suatu fakta individual terhadap proses pembelajaran yang merupakan gejala belajar seseorang di perguruan tinggi dan merupakan suatu kebutuhan. Kebutuhan ini akhirnya menentukan sikap, perilaku dan pandangan belajar di perguruan tinggi yang merupakan suatu prospek penting dalam proses pembelajaran seseorang dewasa ini.

Masalah sekarang adalah apakah tujuan individual sesorang memasuki perguruan tinggi? Hal ini yang sering kali diidentifikasi atau dirumuskan dengan jelas oleh mereka yang memutuskan untuk belajar di perguruan tinggi. Gejala yang sering di rasakan Indonesia adalah belajar di perguruan tinggi lebih merupakan kebutuhan sosial orang lain ( misalnya orang tua ), akibatnya, belajar dianggap sebagai suatu beban dan penderitaan.

***

Apakah tujuaan yang ingin di capai melalui belajar-mengajar yang di sebut kuliah. kuliah merupakan bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa dan pengetahuan. Pemahaman dan persepsi hubungan ketiga faktor tersebut sangat menentukan keberhasilan proses belajar. Maka, Wawasan sebagai mahasiswa berpengalaman yang diperoleh karena dosen mereka telah mengalami proses blelajar serta pergaulan dengan para praktisi atau karena riset serta penelitian yang di laksanakan. Dengan demikaan, kuliah harus diartikan sebagai forum untuk mengkonfirmasikan pemahaman mahasiswa terhadap pengetahuan yang bebas tersebut.

)*Penulis adalah tinggal di Nabire Papua.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *