Pentingnya Menulis untuk Anak Muda Papua

Cp: foto bersama usai kegiatan pelatihan di aula Asarama tauboria/Agapa Bendy)

Jayapura suara Mee-Pelatihan menulis esai dan kiat melamar beasiswa,berlangsung di Aula Asrama tauboria di ikuti oleh dua ratus lebih anak muda papua Sabtu(15/02/2020)

“kita jangan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menulis tentang papua ,karena orang lain tidak akan menulis tentang papua sesuai dengan realita yang terjadi,untuk itu anak muda papua harus bangkit untuk menulis tentang papua sesuai dengan realita yang terjadi.hal ini di katakan oleh victor mambor selalu pendiri jubi dalam sambutan pembukaan kegiatan pelatihan menulis esai.

“Dalam kegiatan itu andreas Tagihuma selaku pendiri komunitas sastra Papua(KO’SAPA)Mengajak Anak muda Papua harus bisa menulis.karena di Papua saat ini banyak masalah yang terjadi,namun minimnya Anak muda Papua yang menulis,membuat masalah ini selalu tumbuh subur.untuk itu orang Papua terlebih khusus Anak muda di tuntut harus bisa menulis.untuk menungkap setiap masalah ini dengan menulis.

Sebagai bentuk kepedulian kepada Anak muda Papua,Andreas juga Memberikan pelatihan menulis esai dalam kegiatan itu setiap mahasiswa wajib menulis sebuah esai dengan karyanya sendiri.

Andreas juga memberikan penjelasan bagimana cara menulis esai yang baik dan benar juga menjelaskan kerangka penulisan esai ,setelanya di minta setiap Anak muda Papua atau pesarta yang ikut dalam kegiatan itu untuk membangun sebuah narasi dengan di berikan beberapa judul,dianataranya Penting ka otsus itu untuk orang papua?,Penting ka sekolah itu? ,Apa pentingnya Hari Valen tine day?,dan juga penting ka media itu..?

Semangat yang di miliki para peserta sangat tinggi sehinga mampu melahirkan sebuah esai dari masing masing peserta dalam pelatihan itu,sesuai dengan cara penulisan esai yang sudah di ajarkan itu,sehinga Andreas juga meminta untuk setiap peserta untuk membacakan hasil  karya esainya masing masing.

“Salah satu peserta Markus waine,mengaku bersyukur karena dalam pelatihan ini ,kami bisa belajar bagimana cara menulis esai yang baik dan benar dan juga lewat pelatihan ini juga kami bisa mengetahui cara menulis esai yang sebenarnya.juga kami mendapatkan pengetahuan tambahkan bagi kami .

Lanjutnya,semoga kegiatan seperti pelatihan menulis itu terus di lakukan di hari hari yang mendatang juga agar kami bisa terus belajar bersama,karena ini sangat bermamfaat bagi kami”katanya

Semoga lewat pelatihan menulis ini bisa lahir penulis Anak anak muda Papua yang profesional kedepan.”harapnya”

Reporter-Benedict Agapa/SM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *