Jakarta, Suara Mee-Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengenai hak Indonesia untuk mempertahankan Papua.

Dilansir dari CNN Indonesia, Mahfud mengatakan bahwa Indonesia berhak mengambil langkah apapun untuk mempertahankan Papua. Pernyataan tersebut didasarkan pada konstitusi Indonesia dan keputusan Majelis Umum PBB Nomor 2405 pada tahun 1969.

Masih dari CNN Indonesia, kedua aturan tersebut, menurut Mahfud, sama-sama menyebutkan bahwa Papua bagian dari Indonesia. Sehingga, menurut dia, setiap upaya untuk memisahkan diri dari Indonesia dianggap sebagai perlawanan terhadap pemerintahan yang sah.

Menanggapi pernyataan tersebut, Natalius Pigai mengingatkan Mahfud agar tidak melanggar HAM. Ia juga mengingatkan bahwa bangsa Papua memiliki keluarga besar di 79 negara. Sedangkan bangsa Indonesia tidak memiliki keluarga di panggung dunia.

“Tolong Sampaikan ke Mahmud, jangan langgar HAM! Papua disebut “Diaspora Afrika” ( Balck Bratherhood), keluarga besar bangsa Papua Ada 79 negara: 53 di Afrika, 14 di Pasifik dan 11 di Caribia. Bangsa ini tidak punya Kawan dan keluarga di panggung Dunia,” tutur Natalius Pigai.

Pernyataan Pigai tersebut rupanya mendapat respon dari pegiat media sosial Faizal Assegaf. Ia juga mengingatkan Mahfud agar tidak arogan dan melempar pernyataan-pernyataan yang dapat menyakiti hati rakyat, khususnya rakyat Papua.

“Menko Polhukam, perlu bijak dan  rendah hati mendengar aspirasi dari tokoh Papua. Cari solusi terbaik tanpa sibuk melempar pernyataan-pernyataan yang melukai hati rakyat,” tutur Faizal.

Reporter: AY _96

Editor:-

By admin

One thought on “Natalius Pigai: Tolong Sampaikan ke Mahfud MD Jangan Langgar HAM Soal Papua”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *