Oleh :Markus Waine

Kita ketahui bahwa virus corona (covid-19 ) semenjak hadir sudah mengorbankan ratusan bahkan ribuan Manusia di seluruh dunia.kita lihat juga Penyebaran virus corona ini cukup cepat hingga masuk di Papua,dalam waktu sekejap di Papua orang terpapar virus Corona sudah seratus lebih.

Mengingat dengan meningkatkan orang yang dinyatakan positif Corona dan juga Penyebaran covid 19 yang tersebar meluas di beberapa daerah di Papua .ini menjadi catatan penting untuk kita sadar! Manusia yang sedang di tingal dan hidup di atas Tanah Papua,baik itu orang Asli Papua,maupun pendatang.

Demi keselamatan manusia Papua,dari Ancaman covid 19 Gubernur provinsi Papua sudah mengeluarkan instruksi untuk menlockdown seluruh aktivitas di luar rumah,ini sebagai langkah terbaik yang di ambil demi mencegah penyebaran virus Corona di Tanah Papua.

Sebagai manusia kita mesti sadar dan mematuhi instruksi gubernur provinsi Papua Lukas Enembe,karena kebijakan yang di ambilnya sebagai sebuah langkah demi keselamatan manusia,kita di ajak untuk bersama-sama memberantas untuk memutus mata rantai Penyebaran Covid 19 di tanah Papua.karena kita ketahui bersama bahwa kehadiran covid 19 di Tanah Papua akan mengorbankan kita Manusia Papua.

Semua aktivitas di luar Rumah sudah di berhentikan demi mencegah penyebaran virus Corona,sebagai Anak Papua saya mengajak kepada kita semua masyarakat Papua,covid 19 hadir di Papua tidak memandang (SARA) untuk itu sebagai orang Asli Papua mesti menyadari akan bahaya virus ini,karena kita tingal sedikit,jangan kita korban lagi karena Corona!

Kita sadar juga belakang ini kehidupan kita orang Papua bergantung pada barang barang produksi, sejatinya masih ada pangal lokal yang dari dulu leluhur kita sudah wariskan kepada kita generasi sekarang,mestinya pangal lokal ini kita Terus budayakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari! Karena kita sudah ketahui bersama PBB sudah mengeluarkan instruksi bahwa dengan Penyebaran Covid 19 ini akan menyebabkan krisis ekonomi dunia.

Sejatihnya Menghidupkan pangan lokal bukan hal baru,sudah ada sejak dulu,hidup bergantung pada bahan bahan produksi hadir setelah Otsus mulai di berlakukan di Papua,semua alami yang sudah di wariskan oleh Moyang kita semakin terkikis.mari kita kembali kepada hidup kita yang dulu,berkebun dan bertani! Bukan hidup bergantung.

Covid 19 sudah meluas di beberapa daerah di Papua, Hinga di nyatakan zona merah diantaranya kota Jayapura, kabupaten Jayapura,Timika,biak dan kabupaten Nabire.

Dalam meluasnya Penyebaran Covid 19 di Papua,Indonesia dalam hal ini TNI dan POLRI memanfaatkan kesempatan untuk membunuh manusia Papua, nyatanya di Kabupaten Maybrat beberapa hari lalu membuat penyerangan di sana.indonesia seharusnya fokus memberantas Penyebaran Covid 19 di Papua .bukan membunuh orang Papua dengan senjata!

Sebagai orang Papua,sebagai manusia terjajah mesti kita sadar akan hal ini,mari kita cegah secara bersama sama,jangan lagi kita mati karena covid 19.

Kita yang tersisa harus sadar bersatu dan lawan untuk merebut KEBEBASAN

Penulis:Adalah Mahasiswa Papua,juga pernah menulis beberapa opini juga puisi di media Online suarameepago.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *