Nabire, Suara Mee- Pemerintah Kabupaten Biak Numfor terus melakukan berbagai upaya supaya penyebaran Virus Corona (COVID-19) dapat dipersempit. Salah satunya dilakukan dengan mengambil kebijakan menutup sementara sejumlah pasar dan memperpanjang libur sekolah serta kerja di rumah bagi ASN (lengkapnya lihat diedaran yang kami lampirkan).

Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd mengatakan, bahwa penutupan pasar khususnya lagi empat pasar yang memiliki akivitas tinggi dilakukan setelah melalui berbagai perRumahtimbangan. Tak karena keempat pasar itu dinilai sudah menjadi zona merah (sudah ada pasien positif), namun penutupan sementara selama 7 hari (mulai Rabu 13/5 besok), dilakukand dengan memperhatikan sejumlah langkah-langkah konkrit pencegahan dan penanggulangan yang akan diakukan, salah satunya di pasar.

Selain itu, juga dimaksud untuk mempersiapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan mengatur jarak setiap penjual, mengatur orang atau pengujung di pasar dengan memperhatikan protocol pencegahan dimaksud, misalnya ketika masuk di pasar wajib menggunakan masker, wajib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, dan sejumlah lainnya yang akan disiapkan serta diatur secepatnya.

Bukan itu saja, penutupan itu juga untuk menindaklanjuti hasil pemetaan yang telah dilakukan oleh tim Gugus Tugas sebelumnya tentang penyebaran Virus Corona di Biak. Artinya, akan ada tindak lanjut untuk memfollow up hasil tracking atau penyaringan yang telah dilakukan, hal tersebut untuk mempersempit kemungkinan penularan Covid-19 di masyarakat.

“Saya paham benar bahwa pasar memang adalah nadi pergerakan ekonomi di daerah ketika ditutup dampaknya cukup besar, namun untuk sementara harus ditutup selama 1 minggu dan sambil ditata dengan baik, termasuk menindak lanjuti hasil tracking di lapangan. Intinya langkah ini diambil dalam mempersempit penyebaran Virus Corona di Kabupaten Biak Numfor,” ujar Bupati.

“Pemerintah daerah meminta masyarakat ikut mendukung upaya untuk memutus mata rantai penularan Virus Corona agar tidak meluas jauh di masyarakat. Jadi sekali lagi saya sampaikan bahwa pasar tidak akan ditutup begitu saja, namun ada langkah-langkah kongkrit akan dilakukan menindaklanjuti hasil pemetaan di lapangan,” kata Bupati menambahkan.

Sekedar diketahui, bahwa kasus positif terkomfirmasi tertular Virus Corona di Kabupaten Biak Numfor sudah 23 orang (dua diantaraya telah sembuh). Dari pasien positif itu, ada yang aktivitasnya di pasar selama ini. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat memaklumi dan memahami dengan baik tentang kebijakan menutup sementara pasar sambil dipersiapkan protocol pencegahan Covid-19 di pasar-pasar tersebut.

Reporter: Benedict Agapa

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *