Nabire, Suara Mee- bertempat Quest House, Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kab. Nabire secara resmi mengumumkan hasil pemeriksaan PCR Litbangkes Provinsi Papua atas 52 sampel swab test yang terdiri dari 16 swab tes kasus positif lama dan 36 swab tes baru yang dikirimkan ke Litbangkes Jayapura beberapa hari lalu dan di pengumuman hasil Swab Tes pada tanggal Kamis, 14-05-2020.

Secara rinci, dijelaskan Bupati Isaias, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR atas 52 sampel tersebut menunjukkan bahwa 46 sampel dinyatakan negatif dan 6 sampel dinyakan positif.

“Sebanyak 52 sampel ini terdiri dari 16 sampel swab kasus positif lama dan 36 sampel swab test baru. Kemudian, dari 36 sampel swab test baru ini terdiri dari 23 sampel swab test dari Nabire, 12 sampel dari Intan Jaya dan 1 sampel dari Paniai,” kata Bupati Nabire..

“Nah, sampel dari Paniai dan Intan Jaya hasilnya negatif. Sementara yang dari Nabire, 6 kasus positif yang terdiri dari 4 kasus positif pasien lama dan 2 kasus baru. Jadi, dari 16 kasus positif lama yang di Nabire, 11 dinyakan negatif dan 4 masih postif, dan 1 dinyakan sembuh total berdasarkan dua kali tes PCR,” kata Bupati.

“Sebanyak 11 kasus negatif dari pasien lama ini akan menjalani masa isolasi selama 14 hari lagi. Setelah 14 hari akan dilakukan swab tes dan dikirimkan lagi ke Litbangkes provinsi dan jika dinyatakan negatif maka mereka akan dinyatakan sembuh total. Sementara 4 pasien lama yang dinyatakan masih positif dan 2 kasus positif baru akan diisolasi di RSUD Nabire.”

Dengan demikian, dikatakan Bupati Isaias, “Secara kumulatif per 14 Mei 2020 di Kabupaten Nabire ada 18 kasus positif tapi 1 kasus sudah sembuh total sehingga masih 17 kasus positif. Dari 17 kasus positif ini, 11 kasus negatif berdasarkan hasil PCR pertama dan masih harus jalani pemeriksaan PCR kedua. Jadi, masih dihitung 17 kasus postif, PDP 0 kasus dan ODP 38.”

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada semua gugus tugas dan tenaga medis atas kerja kerasnya selama ini. Kalian telah bekerja dengan hati demi keselamatan seluruh warga sehingga 1 kasus sudah sembuh total dan kita harap 11 kasus negatif dari kasus positif lama ini juga benar-benar sembuh total pada pemeriksaan berikutnya,” kata Bupati disambut tepuk tangan oleh seluruh tim media dan tim gugus serta awak media.

“Saya juga berpesan kepada seluruh masyarakat Nabire dan Meepago agar patuhi semua himbauan dan edaran pemerintah. Jangan terprovokasi dengan isu-isu tidak benar yang orang sebarkan lewat Facebook dan WhatsApp. Seluruh tim gugus tugas dibantu dengan TNI dan Polri sedang kerja keras untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Jadi, mari kita mendukung kerja seluruh tim. Jika ada informasi jangan mudah percaya, langsung ke posko untuk tanyakan langsung,” kata Bupati Isaias.

Reporter: Andy Yeimo

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *