Oleh : Sovia Dudai

Januari 2020.pagi pagi,di ufuk timur fragmen-fragmen sinar matahari yang berhasil menerobos pohon ketapan di bibir pantai Nabire.Matahari pun semakin meninggi namun tak didengar suara cendrawasih yang begitu merdu, yang mempuh menhibur hati yang begitu sunyi di bibir pantai Nabire.
Papua adalah surga kecil yang jatuh dari langit.Papua dikenal dengan tanah yang begitu pesona dengan kekayaan alamnya yang begitu berlimpah. Luar biasa atas ciptaan Allah.Kecantikan burung cendrawasih menjadi salah satu daya tarik utama dari Provinsi Papua.
Seindah sayap cendrawasih,keelokan bumi Papua nan luar biasa memiliki kekayaan flora dan fauna megnet kecantikan begitu tiada tara,tak heran nama tenarnya mendunia.
Cendrawasih burung dari surga pemberi isyarat atas kebesarannya sayap jelita tak terjamah menari salju memutih lembut di puncak Dogiyai.


Engkau burung dari surga yang hidup di Papua,bulumu warna warni tapi sayangnya engkau sulit dijumpai di alam bebas.Cendrawasih bulu mu sungguh indah dipandang mata dan juga sangat halus saat di sentuh,kau adalah salah satu fauna yang langka di Papua ini kalangkaan itu membuat mu terancam punah sungguh malang hudup mu.
Cendrawasih oh Cendrawasih, kau merupakan burung khas Papua bulumu yang berwarna warni sangat indah tiada duanya,kau layak digelari sebagai burung surga.
Cendrawasih kini kau sulit ditemui di alam bebas.Popilasimu semakin hari semakin terancam dan langka akibat ulah pemburu dan perdagangan liar yang terus berlangsung.


Keindahan Bulu Burung Cendrawasih yang tidak dimiliki oleh burung lainnya menunjukkan nilai komersil yang sangat tinggi dan banyak diminati manusia, baik dalam keadaan hidup atau mati. Tingginya minat akan cendrawasih mengakibatkan tingkat perburuan liar semakin meninggkat, sehingga burung ini terancam akan punah.
Begitu luar biasa ciptaan Allah,atas ciptaan bumi cendrawasih yang begitu pesona nan luas dan juga begitu kaya alam serta isinya.salah satu ciptaan yang begitu pesona adalah burung cendrawasih .
Terdengar suara mu yang begitu merduh oh cendrawasih ku, indahnya tarian mu menarik jutaan mata orang untuk menonton tarian mu yang begitu elok nan permai menghiasi tanah Papua yang begitu berlimpah kekayaan alamnya.


Tarianmu,suara pesona warna mu menarik perhatian dari sejuta hati untuk melihat dan melindungi dari kejauhan untuk tetapi hidup dan berkarya diatas bumi cendrawasih namun banyak orang tidak menyukaimu hingga kini engkau sudah di ambang pintu menuju kepunahan.Tarianmu sebagai nilain jual untuk memperkaya dan memperkenalkan nama Papua di depan public agar dapat dikenal oleh banyak orang di belahan dunia internasional.


Sejak tahun 1963 tahun dimana Papua bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat itu pun juga hutan Papua masih utuh.Suara cendrawasih terdengar bergitu tulus mulus menghibur isi bumi cendrawasih Papua.Dengan begitu cepat NKRI menguasai tanah Papua karena, tanah Papua adalah wilayah penjajahan oleh Negara Klonial Indonesia.Kehadiran Negara di tanah Papua hanya untuk menghancurkan keawetan dari pada pulau Papua yang begitu kaya dengan alamnya.
Setiap waktu Indonesia menguasai tanah Papua berkurang pula kekayaan alam dan serta isinya yang begitu berlimpah.Pada tahun 1963 suara burung Cendrawasi yang begitu merdu menghiasi dan menghibur kekayaan alam Papua Namun kini telah berkurang dan sudah di ambang pintu menuju kepunahan di sebabkan oleh pemburuan liar yang di lakukan oleh OAP dan Orang Non Papua.


Kebanyak orang membuat topih dan periasan lainnya dengan mengunakan burung cendrawasi yang telah di bunuh oleh orang orang tertentuk,namun ada juga yang jadikan mata pencarian dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Cendrawasih adalah burung yang di kenal oleh banyak orang dari belahan dunia maka kita pernah lestarikan.namun,kini suara cendrawasih sudah berkurang namun bunyi senapa angin dimana bunyi memusnakan rantai kehidupan sang cendrawasih diatas Tanah Papua.


Dahulu kala Alam Papua serta isinya selalu di hibur oleh suara cendrawasih yang begitu merduh namun kini suara cendrawasih semakin menurang di setiap harinya,Faktor penyebabkan berkurangnya suara cendrawasih hanya karena pemburuan liar yang dilakukan oleh orang orang tertentu.


Ketiga terdengar bunyi senapa angin nimbus telingga cendrawasih namun menusuk rasa panic dihati maka ia pun makin tersingkir ke daerah terpecil namun di sana juga ada sekelompok orang yang tidak suka dengan si cendrawasih maka di bunuh habis habisan,hingga kini hanya ada satu satu yang masih hidup itu juga du daerah yang belum sentuh dengan orang yang menggunakan Senapa Angin,dengan berkurangnya cendrawasih diatas Tanah Papua yang di sebabkan oleh Pemburuan liar oleh sekelompok.Dengan adanya pemburuan prediksi saya tahun 2025 Cendrawasih akan punahn hasis dan hanya tinggal nama Cendrawasih sebagai kenang kenangan.

Generasi emas yang akan dilahirkan nantinya mereka hanya bisa mempelajar sejarah selalui buku dan google namun mereka juga bisa lihat foto melalui google bentuk,jenis,warna bulu cendrawasih seperti apa?.Namun,mereka juga bisa nonton video tarian melalui Youtube.


Mari selamatkan burung cendrawasih yang tersisa sat ini jangan sampai burung Cendrawasih tinggal hanya sebuah cerita.
Papua pada zaman dahulu di kenal dengan suara cendrawasih yang begitu merduh yang selalu menghibur alam Papua yang begitu kaya alamnya,namun Papua Zaman sekarang dikenal dengan bunyi senjata,bunyi ambulance namun penuh dengan jutaan air mata yang berderai membasahi bumi cendrawasih.Bila kita ikutin perkembangan di tanah Papua,Setelah Burung Cendrawasih Punah Orang Papua pun akan ikuti punah habis habisan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *