Oleh : Benedict Agapa

Tiada nasib hidup yang lebih baik dalam bingkai NKRI,ini benar sebab kehidupan orang Papua jauh dari kata sejahtera.

Semenjak Tuhan Menciptakan orang Papua di negeri ini,dengan sebuah harapan yang besar bahwa orang Papua harus hidup Aman dan damai diatas Negerinya sendiri.Orang Papua dulu merasakan Damai dalam hidup,sebab dalam hari hari hidup mereka dulu selalu ada kedamaian di tengah keluarga,dan sesama orang Papua itu sendiri.

Keharmonisan hidup orang Papua hilang setelah orang Indonesia ada di Papua.

Indonesia secara Paksa meng-Indonesia kan Papua, semenjak itu keharmonisan hidup orang Papua secara perlahan mulai hilang,sebab kehadiran indonesia memiliki sebuah misi yang buruk.Hal ini sudah terbukti bawah kedamaian yang di rasakan di tengah keluarga dan sesama orang Papua sudah Bergeser secara tidak langsung.

Pembunuhan di Papua terus berlanjut

Semenjak itu juga pembunuhan terhadap orang Papua di mulai, nyatanya Banyak pelangaran HAM di lakukan oleh Indonesia terhadap orang Papua.pembunuhan ini masih berlangsung sampai saat ini juga.Air mata dan darah terus mengalir di hilir hulu yang tak terbendung.

Banyak pelangaran HAM secara sengaja dan terstruktur di lakukan oleh indonesia Terhadap orang Papua,demi memusnahkan orang Papua dan mengekploitasi sumber daya Alam Papua secara besar besaran dan berlanjut

Semua itu di lakukan dengan berbagai bidang,Pendidikan kesehatan sosial dan budaya

Pelangaran HAM di Papua masih Subur terpelihara di Papua,mengapa banyak pelangaran HAM berat yang memakan begitu banyak korban,banyak orang mengungis hal ini dari tahun ke tahun terus terjadi dan terus di rasakan oleh Papua di atas negeri ini.

Untuk mengusut tuntaskan palangaran HAM itu orang Papua selalu melakukan banyak cara meminta kepada negara Indonesia untuk bertanggung jawab,namun harapan orang Papua tidak pernah di kabulkan.Minta kepada pemerintah Negara Indonesia dalam hal ini setiap presiden yang menjabat di setiap periode .Namun tidak pernah memberikan sebuah jawaban untuk menyelesaikan setiap pelanggan HAM yang terus terjadi di Papua barat.

Sumber daya Alam Papua terus menerus di ekploitasi

Papua juga di kenal dengan kekayaan Alam Papua cukup menimpah ruah,kekayaan itu dulu orang Papua menjaga dengan baik sebab mereka menyadari bahwa itu adalah kekayaan milik mereka.Dengan berjalan waktu indonesia dengan sengaja mengambil kekayaan itu.PT Freeport di timika yang sudah beroperasi cukup lama, Perusahaan minyak di Sorong, Perusahan kayu di Keerom dan Nabire yang terus menerus di ekploitasi.tidak hanya itu masih banyak lainnya juga.

Dengan melihat semua itu sebagai orang Papua sangat tidak merasakan kesejahteraan dalam negeri kesatuan republik Indonesia.sebab kami menyadari Indonesia terus membunuh orang Papua tanpa mengetahui tidak kesalahan yang jelas .

Kami juga manusia ingin di berlakukan Adil sebab kita memiliki hak hidup yang sama,Sejatihnya nilai kemanusiaan itu jauh lebih berharga dari Apapun.

Harapan orang Papua masa kini.

Begitu lama orang papua terus hidup dalam derita yang panjang tanpa temui titik akhir,kapan semua tangis dan duka ini akan berakhir,sebab tangis dan duka adalah bukan ujung dan harapan kami,kami sangat mengharapkan matahari itu terbit di ufuk negeri untuk menerangi seluruh kehidupan kami,mengusir tangis dan derita “untuk Menghadirkan sebuah harapan baru,yakni kebahagian di tengah kehidupan kami orang papua”.Merdeka solusi bagi Kami”.

Penulis adalah Mahasiswa Papua yang juga pernah menulis artikel tentang realita di Papua barat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *