Jayapura,Suara Mee, Melihat isu di media sosial dan media resmi di Papua terkait Sekretaris Daetrah (Sekda) Provinsi Papua, Aktivis Peduli Orang Asli Papua (OAP) menyampaikan agar tim seleksi yang mengatur.

“Kam semua yang ada di 5 besar ini orang Papua dan 1 orang Non Papua. Sehingga kami sebagai aktivis menghimbau untuk serahkan kepada tim seleksi. Jangan kita beda-bedahkan ko Papua ini dan Papua itu,” kata Leo Himan, di Gedung Antropologi Uncen, Rabu (24/6/2020), Jayapura.

Ia mengatakan, Papua baru menghadapi isu Rasisme jika dalam penempatan jabatan pemerintahan di Provinsi Papua,siapa pun dia kita harus mendukung intinya itu harus OAP yang duduk.

“Sekarang kita ada masalah besar, contonya Isu rasis, Covid dan berakhirnya Ostsus ada depan mata. Jadi kita harus tunggu hasil dari tim seleksi. Kalau misalnya kita bicara mendukung ini dan mendukung itu, secara tidak langsung rasis itu akan ada. Maka saya tekankan untuk serahkan kepada tim,” tegas Himan.

Sedana David Ulim mengutarakan bahwa Papua satu tidak ada Papua Barat dan Papua. Begitu juga tidak ada Papua Gunung dan Papua Pantai. Jabatan pemerintahan di Papua siapapun dia orang Papua yang layak untuk mendudukinya.

“Karena kalau ada ungkapan Papua ini dan Papua itu. Maka Papua otomatis akan peca belah. Sementara Otsus akan berakhir. Sehingga kita sebaiknya untuk serahkan kepada tim yang dipercayakan untuk putuskan nama sekda,” katanya.

Menurutnya, orang dari wilayah adat Lapago, Meepago, Domberai ataupun Bomberai semua orang Papua. Karena katanya Papua satu, meskipun dalam pemerintahan Papua ada Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua.
“Saya rasa ini kita satu cukup Papua. Cukup itu jangan Papua dua,” singkat David.

Dari tempat yang sama Dony Gobay mmengatakan posisi sekda sebenaranya puncak perestasi tertinggi dari jabatan ASN. Sehingga penentuannya akan mengara pada profesionalitasnya, jejak kariernya, pengalamannya dan lainnya.

“Jadi mari kita jadikan ini sesuatu yang baik. Jangan terkesan kita politisir karena memang orang mau jadi sekda itu ada kriteria-kriteria tertentu yang memang harus dipenuhi. Jadi hal-hal ini juga harus kita hargai tim yang sekarang seleksi ini,” kata Gobay.

Reporter :Admin.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *