GPM Papua

Oleh: Loncky H. Makay*)

Persoalan adalah sahabat manusia.Artinya bahwa di dalam menjalani seluruh kehidun, persoalan selalu dihadapi oleh manusia.Oleh Karena itu, setiap manusia dituntut, agar dapat menjalani seluruh kehidupannya dengan penuh kedisiplinann diri (Disiplin Diri). Dalam ulasan ini, Penulis secara pribadi akan mengangkat mengenai pentingnya disiplin diri bagi siswa-siswi di sekolah. Karena, sudah dan sering kita mendengar bahwa di sekolah banyak siswa atau siswi yang sering terlambat masuk kelas,atau datang ke sekolah tidak tepatwaktu.Bahkan kebanyakan siswa-siswi yang jarang mengerjakan dan mengumpulkan tugas sekolah.

Sudah pasti bahwa bagi siswa-siswi yang terlambat masuk ke dalam kelas, secara otomatisdapat mengganggu proses belajar-mengajar, dan bahkan dapat membuyarkan fokus belajar teman lainnya. Karena, ketika siswa-siswi yang terlambat masuklangsung menjadi pusat perhatian dari teman-teman dalam kelas.Begitu juga dengan guru yang sedang mengajar.Tidaklah mungkin dia (Siwa-Siswi)memasukiruangan kelas tanpa terlebih dahulu ditanya oleh guru maupun siswa-siswi tersebut untuk meminta izin masuk di ruangan kelas.Tentunya bahwa seorang guru akan menghentikan penjelasan materinya sebentar. Beberapa faktor yang menyebabkan, siswa-siswi terlambat ke sekolah karena, terlambat bangun pagi, lama menunggu angkot, macet di jalan, belum menyelesaikan pekerjaan rumah akademis, menyusun buku pelajaran hari ini, dan persoalan lainnya.

Untuk mengetasi persoalan-persoalan mendasar ini, bagi saya (Penulis) secara pribadi meyakininya bahwa pentingnya disiplin diri dapat meningkatkan kualitas diri kita dan sekaligus mengurangi angka terjadinya persoalan-persoalan mendasar yang dihadapi oleh siswa-siswi dalam dunia edukasi (Pendidikan) di sekolah.Karena, bagi penulis, disiplin diri adalah pintu masuk menuju kesuksesan.

Apa itu Disiplin?

Displin_adalah ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan atau tata tertib, begitu dikutip dari (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Disiplin juga berarti patuh kepada suatu pembiasaan diri, bukan sebuah teori yang jika seseorang menghapalnya maka dia telahlulus dalam bersikap disiplin. Dengan demikian, Disiplin adalah suatu tata tertib atau peraturan yang harus dipatuhi oleh seorang pribadi demi menertibkan dirinya dalam mengerjakan hal apa pun, tak terkecuali disiplin diri bagi setiap siswa-siswi di dalam dunia edukasi (Pendidikan).

Upaya Mencapai Keberhasilan/Kesusksesan Diri

Bagi penulis, ada beberapa upaya yang paling mendasar demi mewujudkan visi disiplin diri itu sendiri, Pertama, dalam dunia disiplin, komitmen menjadi salah satu hal yang penting.Artinya bahwa komitmen dalam segala rencana.Karena, tanpa komitmen seorang diri dapat melupakan beragam kegiatan yang bisa memberikan kontribudi bagi diri, dan bahkan kelompok.Oleh karena itu, komitmen menjadi amat penting.Tanpa komitmen, maka lalai dalam melakukan segala hal.Orang atau siawa yang berkomitmen, dia tidak suka untuk menunda-nunda pekerjaan dan mengulur-ulur waktu.Tetapi, dia dengan komitmen yang teguh berusaha menyeleseikan suatu pekerjaannya.

Hal kedua, adalah target diri dalam menyelesaikan beragam tugas.Artinya bahwa tujuan yang mengatakan, tantangan atau masalah bukanlah monster menyeramkan yang harus dihindari atau ditakuti.Tetapi, sebaliknya tantangan adalah kesempatan emas yang harus dihadapi dan ditaklukkan. Hanya dengan cara itulah seseorang dapat meraih kesuksesan. Bahkan, sukses besar yang diraih seseorang sejatinya merupakan akumulasi dari kegagalan-kegagalan dan keberhasilan-keberhasilan kecil yang berlangsung di setiap saat. Dari proses itu, ia dapat belajar menaklukkan berbagai tantangan dan mengubahnya menjadi kesuksesan. Prinsip itulah yang diterapkan.

Ketiga adalah menuntut tanggungjawab.Begitu juga status kamu sebagai pelajar.Pada status sebagai pelajar, ada konsekuensi-konsekuensi dalam bentuk tanggungjawab. Jalankan semua kewajiban yang seharusnya memang dipikul oleh  seorang pelajar. Karena, seorang pelajar harus belajar di sekolah maupun dirumah.Rajin pergi ke sekolah, ke perpustakaan, membaca, dan sebagainya menjadi prioritas utama dan wajib sebagai seorang pelajar.

Akhirnya, saya (Penulis) menyimpulkannya bahwa hal–hal yang telah diuraikan di atas menjadi suatu pedoman hidup bagi siap pun dia yang menginginkan kesuksesan dalam diri, terkhusus bagi siswa-siswi sebagai seorang pelajar yang menempuh pendidikan di sekolah.Ringkasnya bahwa dengan kekuatan disiplin diri, kita dapat menuai kesuksesan dan kebahagiaan tersendiri di dalam menjalani seluruh dinamika kehidupan di dunia ini. Disiplin adalah kunci keberhasilan diri.

*)Bionarasi Penulis adalah Aktor Stup (Sa Tulis Untuk Papua) yang Bermotto; ‘Bukan Penulis Musti Menulis’

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *