Oleh : Meliana Magai

Alkitab adalah Firman Tuhan merupakan perkataan Allah, dimana Allah berbicara kepada manusia. Alkitab adalah Firman Allah menjadi otoritas satu-satunya landasan praktik kehidupan orang benar-benar percaya.

Alkitab Melengkapi Kita Untuk Menjalani Hidup Ini.

Setiap hari manusia yang selanjutnya akan disebut kita_ hidup di dunia yang mengatakan bahwa uang adalah segala-nya, diri sendiri adalah hal paling penting, dan kesengan duniawi adalah sumber kebahagian. Sebabnya, kita diserang dengan pikiran-pikiran duniawi. Dari senin hingga minggu, dan jujur saja kita mendengar Firman Tuhan dua jam pada hari minggu. Itu tidaklah cukup. Karena itu kita perlu membaca Alkitab setiap hari sebelum tidur, supaya kita dikaruniai kekuatan juga keteguhan iman Tuhan. Firman Tuhanlah yang mengatakan kepada kita setiap hari bahwa, hidup sesungguhnya adalah tentang Yesus Kristus. Untuk benahi hidup bukanlah diri sendiri, adalah melayani orang dengan penuh kasih saying sesuai firman Tuhan. Bawahanya, suka cita dari Tuhan akan melebihi segala suka-cita duniawi yang keruhkan jalan menuju ke sorga.
Sebab begini Tuhan berfirman; “Ambillah setopng keselamatan serta pedang Roh, yaitu Firman Allah ( Efesus 6: 17 ) Tetapi Yesus menjawab,’’ Ada tertulis hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap Firman yang keluar dari mulut Allah (Matius 4:4 )

Mungkin ketika membaca Firman Tuhan, Kita tidak terlalu paham akan isi. Tetapi percayalah setiap kali kita membacaNya, sebuah bibit sesungguhnya tertanam didalam hati kita, yang pada akhirnya akan bertumbuh dan berbuah dalam kehidupan kita.

Bagimana Cara Kita Tahu Bahwa Pendeta Tidak Berbohong Kepada Kita?

Mari kita buktikan firman yang keluar dari mulut Tuhan melalui kitab Raja-raja. Disana terdapat sebuah kisah yang sangat menarik, saya (penulis) ingin kita membuka Alkitab dalam Bab. (Raja-raja,13:1-34), dan membaca ayat-ayat-nya terlebih dahulu sebelum melanjutkan.
Setelah membaca, tentu kita paham. Disana menceritakan tentang seorang hambah Allah yang di perintahkan oleh Tuhan sendiri untuk melanjutkan perjalanan tanpa kerumah siapa pun, bahkan untuk makan dan minum. Maka ketika raja Yerobeam menawarkannya untuk mampir, makan dan minum di rumahnya pun ia menolaknya. Lalu ia bertemu dengan orang lain yang mengatakan, “Aku adalah Hamba Allah juga” dan melalui malaikatnya ia menyuruhku untuk membawa engkau pulang agar bisa makan dan minum dirumahku. Hamba Tuhan tersebut percaya, kemudian mengikutnya untuk makan dan minum. Tetapi setelah ia makan dan minum di tuliskan bahwa Tuhan marah karena tidak mendengarkan perintahnya. Karena Tuhan jatuhkan amarahnya kepada hambahnya yang tidak mengikuti perintahnya, sehingga hamba Tuhan itu mati di makan seekor singa buas.
Ketika kita membaca Alkitab, terkadang Alkitab sulit untuk di mengert ;maka itu, kita berdoa sebelum membaca Alkitab memintah Tuhan untuk memberikan kita hikmat untuk mengerti dan juga perintah-perintah Allah.

Mengapa Alkitab Sumber Pengenalan Akan Tuhan?

Karena Alkitab adalah kitab suci dan saksi dari peristiw bersejarah seperti luar biasanya Tuhan ciptakan dunia yang kita diami saat ini. Selain itu kita juga berulang kali mendengarkan kotbah oleh pendeta seorang hamba Tuhan yang adalah hal baik dan termurni. Namun, jika kita sunggu-sunggu ingin memiliki sebuah hubungan personal denganTuhan, sisihkanlah waktu mu untuk membaca firmanTuhan. Habiskanlah waktu untuk mendengarkan Firmannya dan berdoa kepadanya bagaikan sebuah percakapan dengan seseorang yang kau kasihi.
Jadilah pribadi yang tekun dengan Iman yang timbul dari pendengaran Firman Kristus ( Roma 10 :17 )

Penutup

Ketika kita membaca Alkitab dan melakukan setiap firman seturut kehendak Tuhan, maka sebuah benih keselamatan akan tumbuh dalam kehidupan pribadi kita. Percayalah, sebab Firman Tuhan sebagai sebuah bibit yang sesungguhnya dan tertanam didalam hati kita, Firman Tuhan akan bertumbuh dan berbuah hasilnya milik kita yang menanamnya pula.
Dan kita sebagai anak-anak Tuhan, saya (penulis) pesan kepada kita agar mewajibkan membaca Alkitab. Hal ini supaya kita meminta Tuhan dan memberikan hikmat agar kita mengrti perintah-perintah Allah.
Kita (manusia) sebagai anak-anak Tuhan kita harus mendengar Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh, supaya kita memiliki sebuah hubungan personel dengan Tuhan. Untuk itu, sisikan waktu mu setiap hari membaca Firman Tuhan. Tetap tekun pada Fimannya dan berdoa kepadaNya, Tuhan adalah jawaban hidup kita.

Sember/Refrensi : Alkitab

Bionarasi; Penulis adalah Meliana sebagai mahasiswi (Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura) USTJ, tinggal di Jayapura

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *