Oleh: Maria Wakei
Pemekaran Mapaia Raya realitas sekarang, bukan hanya persoalan lokal, atau nasional, tetapi juga persoalan Yakobus Dumupa, pengerahan SK di lapangan Bomomani. Dari persoalan itu, banyak pihak yang marsyarakat maupun mahasiswa-mahasiswi bahkan seimbang dengan mereka yang tak peduli terhadap pemerintah daerah kab. Dogiyai berusaha membebaskan alam Mapia, Tanah keramat dari sikap datangnya pemekaran Mapaia Raya . Tentang kita, masyarakat maupun mahasiswa harus menyadari eksistensi kita sebagai bagian dari alam. Karena itu, Tota Mapia adalah tanah yang sementara para perusak operasi masuk.


Mapia merupakan salah satu Distrik di Kabupaten Dogiyai, yang telah memisahkan diri dari kabupaten induk, kabupaten Nabire di tahun 2008. Mapia sendiri terdiri dari tiga distrik yaitu Distrik Mapia Timur (Bomomani), Mapia Tengah (Modio) dan Mapia Barat (Abouyaga) .
Mapiha merupakan dalam arti Bahasa setempat adalah Ma yang berarti kebenaran dan Piha yang berarti Pohon.


Apa itu Rahim?
Rahim adalah Kandungan tempat di mana Janin Bayi yang bertumbuh berkembang berproses selama sembilan (9) bulan di dalam Perut ibu. Rahim merupakan juga suatu tempat perlindungan.


Apa itu Tota?
Tota adalah salah satu kata yang di gunakan oleh Masyarakat Meepago terlebih khusus Distrik Mapia yang Berari “ada”, sebuah kata yg menunjukkan benar_benar nyata, fakta dan Realita.


Siapa itu Tota Mapiha
Tota Mapiha adalah pengertihan dari bahasa Mapia Tota yang berarti ada , Ma yang berarti Benar dan Piha yang berarti Pohon . Tota Mapiha merupakan ada pohon kebenaran.


Kesimpulan
Tanah Mapia sebagai rahim bagi Manusia tota Mapiha, Mapia salah satu distrik dari Kabupaten Dogiyai, Mapia kaya akan alam nya yang di lindungi oleh Masyarakat setempat , mereka hidup saling berdampingan, alam Mapiha melindungi Manusianya dan manusia melindungi alamnya. Masyarakat setempat memakai atau mengartikan nama Mapiha tempat tinggal mereka dengan sebutan Pohon kebenaran. Tota Mapiha yang juga sering di sebut-sebut di kalangan anak remaja dewasa ini, yang berarti ada pohon kebenaran. Tanah Mapia sebagai Rahim bagi Manusia Mapia, alam Mapia yang sangat sejuk indah dan permai, yang selalu memberikan kenyamanan bagi manusianya yang juga selalu akrab merawat apa yang seharusnya di lalukan oleh Manusia terhadap alamnya. Rahim Mapia masih terawat , utuh dan siap melindungi Tanah Tota Mapiha dan Manusia.


Saran
Tanah Mapia sebagai rahim bagi manusia Tota Mapiha, oleh sebab itu, mari kita jaga rahim ibu kita yang telah, sedang dan akan datang siap melindungi, mengawasih dan memberikan yang terbaik bagi manusia Tota Mapiha, karena kalau Rahim ibu di robek atau operasi , rahim ibu akan selalu terlihat bekas robekkan yang membekas, terkadang akan terasa sakit yang ringan maupun berat, jadi mari kita rawat Rahim Tota Mapiha dengan baik dan benar, keakraban yang telah terjalin tetap di jaga, di bina dan di lindungi.

Secara tegas, bupati Dogiai Yakobus Dumupa memberikan surat rekomendasi dan SK-penetapan dari lapangan Bomomani Mapaiha adalah illegal. Saya sebagai putri asal daerah mapiha menyatakan tidak setujuh karena pemekaran Mapaia Raya adalah hambatan buat kita generasi mudah.

Cinta Tanah Kelahiran
“Tota Mapiha tidak terlalu padat dan tentu saja alamnya melimpah banyak Tanah keramat. Saat ini, Yakobus Dumupa memberikan SK-penetapan mapiha raya sebagai mempermudah stir marsyarakat.

Tota Mapiha tolak, Tota Mapiha kembali pada kabupaten Dogiyai pada Induknya. Mapiha Raya, Dumupa jadikan permainan lima Disitrik sebagai 5 koleksi gitar di rumahnya, yang sekaligus dijadikan sebagai investasi bagi anak-anaknya. Berlatar belakang sebagai teknisi, lulusan STT Telkom jurusan tekhnik elektro ini telah 10 tahun lebih menggawangi divisi network dan tidak pernah membuatnya bosan.

Penulis adalah: Mahasiswa Papua kuliah di Jayapura, Dia Juga Putri Asli Tota Mapia

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *