(Cp;Lukas Enembe SIP.MH Gubernur Provinsi Papua )

Pertama-tama penulis panjatkan kehadirat Tuhan Allah yang Maha Kuasa. Oleh karena kasih-Nya kita layak hidup di atas tanah ini. saya akan menulis artikel kali ini dengan judul: “Lukas Enembe Tokoh Pluralis Peradaban Baru Bangkit Dari Papua Gunung”

Para pembaca yang saya kasihi, Izinkan aku menulis gubernur Papua sekaligus tokoh besar yang berfigur yakni sosok Lukas Enembe S. IP seorang intelektual, politikus terlatih mampu mengubah pola pikir serta cara pandang orang pendatang. Bahkan sanggup memimpin masyarakat majemuk.

Dahulu orang pendatang dari jawa, Manado, Sulawesi, Kalimantan, NTT, BATAK, AMBON pada umunya non Papua selalu memandang orang Papua primitif belum maju, kanibal, badan telanjang, masih mengunakan koteka pejalan kaki, pakaian compang camping tidak mampu berpolitik serta memimpin. Itu adalah konsep orang-orang pendatang macam-macam label diberikannya kepada orang Papua apa lagi Papua gunung lebih buruk dipandangnya, bahwa orang Papua gunung adalah jahat, kasar/keras pengacau, pemabuk, tidak tahu kerja peminta-minta. Pandangan buruk ini menjadi pembenaran bagi orang pendatang tanpa berpengalaman bersama orang Papua gunung, tidak pernah bersahabat duduk sama-sama makan, tidur, hingga bertahun-tahun.

Pembenaran tanpa bukti yang jelas ini dibangun hingga bertahun-tahun. Ketika penulis ke Ambon orang Ambon tanya saya katanya orang Papua keras-keras/ kasar semua selalu minum mabuk lalu palang-palang jalan minta-minta uang, tetapi kamu beda ya seperti orang jawa lembut sekali”. Saya kembali bertanya pada mereka apakah bapak-ibu pernah ke Papua dan sudah berapa lama di sana? Katanya begitu si nonton di TV bahkan juga menurut cerita teman-teman yang pernah ke Papua. Jawab saya begitu ya tapikan itu kata orang anda sendiri belum tahu? Karena supaya lebih memuaskan anda sendiri tinggal dengan orang Papua 10-20 tahun barulah mengambil kesimpulan jika sekadar kata orang lebih baik tidak usah percaya. Kenapa..? Menurut saya bapak ibu sudah percaya kebohongan itu dan pandang semua orang Papua model begitu. Apakah bapak ibu melihat saya seperti yang anda percaya? Tentu tidak. Justru saya dengan teman-teman berbeda dari apa yang pernah anda dengar dari kata orang. Maksudnya bahwa orang pendatang selalu mempromosikan di sisi buruk tentang orang Papua sementara di segi positif dan keunggulan orang Papua tidak pernah diakui bahkan disembunikan.

Lukas Enembe adalah salah satu tokoh yang telah mengubah pandangan buruk orang pendatang yang selama ini melihat orang Papua selalu negatif. Beliau gubernur Papua sekaligus tokoh puluralis yang mampu merangkul semua suku bangsa yang ada di Papua tanpa membeda-bedakan. Ia sosok pemimpin termondern, inovator bergaya lembut, penuh kasih serta bermoral tinggi, mengahargai semua orang dan membangun hubungan solideritas sesama warga negara tetapi juga di luar negeri. Bapak Lukas hati merakyat dan simpati sesama manusia tanpa memandang latar-belakang kepercayaan agama, budaya, ras yang merupakan suatu kekaguman atau gaya baru serta membungkam pola pikir orang-orang non Papua. Beliau berhasil memperkenalkan siapa orang Papua yang sesungguhnya dengan penuh kesabaran.

Bapak kekasih Enembe mencintai Tuhan dengan lubuk hatinya yang mendalam dan sesama manusia ia tidak kasar, dan sombong, bapak Enembe pemimpin bermoral, beretika, serta sopan, ia disengani semua golongan masyarakat dan “dijuluki tokoh pluralis bangkit dari Papua gunung” mengubah peradaban baru diera globalisasi mampu bersain di zaman tekhnologi terkini. Beliau intelektual berhati mulia, pemimpin terhormat, ia tidak suka banyak teori tanpa tindakkan, sedikit bicara banyak tindakkan, berwatak kemanusiaan “Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera” adalah isi hatinya. Ia mau Papua benar-benar mewujudkan kemandirian masyarakat serta kesejahteraan ekonomi.

Bapak Enembe aktivis kemanusiaan hak kesamaan derajat. Belau tidak pernah diam ketika rakyatnya dibantai seperti hewan buruan justru ia komando barisan paling depan aktif bicara kemanusiaan. Pemimpin handal dipercaya, pikirannya cemerlang, ide brilian yang berpengaruh luas. Berbicara demi kepentingan bersama lebih mengendapankan nasib rakyat dari pada dirinya sendiri. Ia pelindung masyarat yang Tuhan utus untuk orang-orang yang ada di Papua baik Papua asli bahkan non Papua. Bapak Enembe memimpin dengan keberanian iman kepada Tuhan Yesus yang ia percaya, ia tidak menyerah memimpin masyarakat multi etnis. Suaranya mampu mengoncangkan Indonesia, ia pemimpin yang berhasil memimpin sekali pun tentu ada kekurangannya. Bapak Enembe tokoh karisma menghormati serta melestarikan nilai-nilai luhur bangsa Melanesia, teladannya kasihnya, kesabarannya, imannya patut diteladani bagi siapa saja.

KESIMPULAN :

Bapak Lukas sudah menampilkan identitas orang Papua secara khusus Papua gunung, dengan murah hati, lembut, bersabar menghadapi masalah serta penuh kasih. Dialah Putra Papua yang terbaik, bertanggung jawab telah mencuci pandangan kotor dari orang-orang non Papua. Keteladanan kasihnya, imannya, kesabarannya, semangat membangun hubungan solideritas sesama manusia tanpa memandang bulu bahkan merangkul semua suku, layak ditiru bagi generasi muda Papua. Sebab ia salah seorang pemimpin telah matang rohaninya, karakternya, serta pengetahuan.

Para pembaca yang terkasih penulis mau mengutip beberapa tokoh andalan, pikiran mereka emas, suara mereka didengarkan dunia dan sangat berwibawa selain bapak Lukas Enembe yang telah bangkit dari Papua.

Dr. Socratez Sofyan Yoman M,A tokoh ahli pemikir, filsuf termondern bangkit dari Papua gunung anak honai (Koteka) kecerdasannya 10 kali lipat beliau Tuhan utus dan tetapkan sebagai aset Papua sekaligus pelindung umat Allah di Papua ia telah memaluhkan orang-orang sombong dan merobohkan kekuatan penguasa NKRI terutama TNI/POLRI. Dengan kuasa TUHAN dan ilmu pengetahuannya. Bapak Dr. S. Sofyan Yoman antrolog Gembala bagi umat tertindas, aktivis kemanusiaan pejuang hak kesamaan derajat.

DR. Benny Giay PHD. Filsuf terkemuka dunia anak pedalaman ide brilian pengaruhnya luas mampu mengoncangkan penguasa Indonesia Panik. Beliau gembala umat Tuhan bangkit dari Papua gunung ia diutus Tuhan bersuara bagi umat tertindas. Bapak Giay Pdt Papua berpandangan profetis membela kaum tak bersuara.

Dorman Wandikbo S. Th gembala Papua aktif bicara kemanusiaan, penyambung lidah Allah sekaligus pemimpin pemberani datang dari Papua gunung. Beliau sahabat bagi kaum lemah terabaikkan hak-hak mereka diperas oleh penguasa.

Welington L. Wenda M. Si, tokoh Papua lebih senior, intelektual sekaligus rohaniawan hidup takut Tuhan, lebih jujur, bersikap netral menjaga hubungan sesama manusia, dikenal luas seluruh Indonesia. Bapak Wenda salah seorang tokoh Papua yang taat kepada Tuhan ia pelaku kebenaran lebih menuruti kata Tuhan dari pada dunia. Sanggup memenangkan hati rakyat baik orang Papua bahkan non Papua. Beliau datang dari pedalaman Papua gunung anak koteka.

Beni Wenda tokoh pejuang kemanusiaan sejati, dikenal luas pernah mendapat penghargaan di Inggris dari wali kota Oxford. Beliau datang dari Papua gunung.

Tokoh-tokoh terkemuka yang penulis sebut ini datang dari Papua gunung membuat Indonesia gelisah, sangat Panik pengetahuan mereka sulit dilawan. Mereka sudah sekolah mereka sudah menghapus pandangan buruk dari non Papua.

Sebenarnya banyak orang Papua pintar lebih menonjol dan ternama namun penulis simpulkan di sini hanya mewakili beberapa tokoh yang sudah menjadi teladan yang baik.

Penulis percaya bapak lukas Enembe dan para tokoh intelektual yang dicantumkan dalam artikel ini adalah orang-orang pilihan Allah bagi bangsa Papua ini dan mereka sebagai perintis dalam segala bidang, korban tanpa jasa telah mengubah pola pikir orang luar (pendatang) serta sudah menjadi jawaban untuk Papua.

Akhir dari karya kecil ini penulis sebagai masyarakat atas nama pribadi menyampaikan terima kasih kepada bapak Lukas Enembe dan beberapa tokoh pengukir harapan bangsa Melanesia yang terhormat Tuhan berkati.

Waaa. Syalom selamat membaca.

Penulis : Doulos Alear Yoman

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *