Dogiyai,Suara Mee-komando nasional tentara papua barat-organisasi papua merdeka (TPNPB-OPM) menanggapi 6 poin sikap pernyataan yang dikeluarkan oleh kelompok salah paham ideology untuk mengkelabuhi kegagalan infrastruktur persi federal di wilayah meepagoo untuk melemahkan dan menjajah suatu negeri terjajah teritori west papua yakni,Kaburkan sejarahnya,Hancurkan bukti, bukti sejarah bangsa itu hingga tidak bisa lagi di teliti dan dibuktikan kebenarannya,Putuskan hubungan mereka dengan leluhur, dengan mengatakan jika leluhur itu bodoh dan primitif.

Hal itu di tegaskan Togodly Gombo dalam keterangan tertulis yang di Terima suara Mee,Minggu (12/07/2020)

Enam pernyataan sikap Yang dikeluarkan oleh TPN-PB/OPM Paniai dan PNWP Wilayah Meepago yang di muat dogaiyepost.com/2020/07 hal ini di nilai salah paham sejarah panjang perjuangan papua.

Berikut isi pernyataan sikap

(1).Segera bubarkan TPNPB versi KNPB di beberapa titik daerah yang ada di Wilayah Meepago, sebelum terlambat, kalau tidak indahkan peringatan ini berarti kami akan turunkan DPO kepada oknum/ individu, tersebut;

(2).Segera bubarkan pelantikan PRD dan setingkat FRAKSI versi KNPB yang di lantik pada tahun 2019 lalu, tanpa kode etik dan No surat putusan, berupa rekomendasi Konferwil dan Konferda PNWP Tentang pemilihan dan pelantikan anggota maupun ketua baru 23 PRD di seluruh teritorial West Papua, lebih khusus Wilayah Meepago;

(3).Sebuah surat perintah yang dikeluarkan tokoh pertahanan oleh Orang Tua Telenggen kepada Tuan.Habel Nawipa. Kami perintahkan segara bertindak lanjut konfrensi (I) di Biak yang di komandoi oleh KNPB, itu tidak sesuai mekanisme perjuangan yang dirintis oleh sekawan perjuangan yang mendahului demi bangsa dan Negara yang kita harapkan di tubuh pertahanan;

(4).Kami pemimpin panglima tertinggi Wilayah Meepago menyeruhkan kepada seluruh kerja-kerja sipil aktivis Papua merdeka segera berhenti atur-atur agenda Pertahanan;

(5).Kami Pemimpin Panglima tertinggi Wilayah Meepago dengan sikap yang tegas bahwa posisi hari ini ada di sejarah jejak orang Tua pada 1971 yaitu Devisi II kodap IV, sehingga kerja-kerja sipil maupun oknum/individu yang beda ideologi dengan sejarah diatas ini maka di luar dari tanggungjawab kami;

(6).Wilayah Meepago bersepakat, bersatu, dan mendorong agenda ULMWP dengan:

  • Pada tanggal 28 September 2019, dekolonisasi Ham PBB 4 daerah [wilayah] ditetapkan sebagai daerah konflik termasuk West Papua;
  • Dukungan 79 Negara ACP;
  • Mendaftarkan anggota penuh MSG dalam tahun ini;
  • Penyatuan pertahanan dalam, West Papua Army (WPA)

Komando nasional TPNPB OPM 5 KODAP Wilayah Meepago dengan tegas Minta kepada ULMWP MeePago West Papua Army perlu pahami Struk masalah sejarah, identity sejarah, integrity sejarah dan patuhi sejarah rakyat bangsa papua barat,agar tidak mempersalahkan pemilik kebenaran,”tegasnya.

Mari Simak secara baik,Sejarah Singkat Organisasi Papua Merdeka Tentara Nasional Papua Merdeka Komando Nasional

Papua Barat dalam Kekuasaan Indonesia (Era Negara Orde Baru-NOB)
Banyak peristiwa politik dalam memperjuangan kemerdekaan Papua Barat yang dilakukan oleh rakyat Papua Barat terutama oleh OPM pasca Penentuan Pendapat Rakyat 1969, tetapi secara umum di sini hanya akan dikemukakan empat peristiwa penting dalam upaya untuk memerdekakan Papua Barat dari kekuasaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Proklamasi 1 Juli 1971Setelah wilayah Papua Barat dimasukan secara sepihak lewat manipulasi Penentuan Pendapat Rakyat oleh Indonesia pada tahun 1969, wilayah ini diduduki layaknya sebuah wilayah jajahan. Indonesia mulai memperketat wilayah ini untuk mematikan gerakan kemerdekaan Papua Barat yang dilancarkan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) lewat perjuangan diplomasi dan gerilya.Pada tanggal 1 Juli 1971 di suatu tempat di Desa Waris, Kabupaten Jayapura, dekat perbatasan Papua New Guinea, yang dijuluki (Markas) Victoria, yang kemudian dijuluki dalam kosakata rakyat Papua Barat sebagai “Mavik” “dilaksanakan Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat.

Proklamasi ini dicetuskan oleh Seth Jafet Rumkoremsebagai Presiden Papua Barat, dan didampingi oleh Jakob Praisebagai Ketua Senat (Dewan Perwakilan Rakyat), Dorinus Maury sebagai Menteri Kesehatan, Philemon Tablamilena Jarisetou Jufuway sebagai Kepala Staf Tentara Pembebasan Nasional (TEPENAL), dan Louis Wajoi sebagai Komandan (Panglima) TEPENAL Republik Papua Barat.Isi teks Proklamasi 1 Juli 1971 adalah:

Proklamasi Kepada seluruh rakyat Papua, dari Numbai sampai ke Merauke, dari Sorong sampai ke Balim (Pegunungan Bintang) dan dari Biak sampai ke Pulau Adi.Dengan pertolongan dan berkat Tuhan, kami memanfaatkan kesempatan ini untuk mengumumkan pada anda sekalian bahwa pada hari ini, 1 Juli 1971, tanah dan rakyat Papua telah diproklamasikan menjadi bebas dan merdeka (de facto dan de jure).Semoga Tuhan beserta kita, dan semoga dunia menjadi maklum, bahwa merupakan kehendak yang sejati dari rakyat Papua untuk bebas dan merdeka di tanah air mereka sendiri dengan ini telah dipenuhi.
Victoria, 1 Juli 1971 Atas nama rakyat dan pemerintah Papua Barat,Seth Jafet Rumkorem (Brigadir-Jenderal)

OPM Lahir Di Manokwari, Tgl 26 Juli 1965dengan Pemimpin Kharismatinya adalah jhon ariks, yang waktu itu sudah berumur 75 tahun . sedangkan tokoh tokoh pimpinan militernya adalah dua bersaudaramandatjan, lodewijkl, dan barend, serta dua bersaudara awom ferry dan perminas.

seht jafet rumkeron adalah putra seorang “pejuangmerah putih” yang tadinya menyambut kedatangan pemerintah dan tentara Indonesia dengantangan terbuka. Ia meninggalkan pekerjaannya sebagai penata buku di kantor KLM di biak, dan masuk TNI/AD yang memungkinkan ia mengikuti latihan kemiliterandi cimahi, jawa barat, sebelum ditempatkan di papua barat dengan pangkat letnan satu di bidang Intelligence dibahwa pasukan diponegoro.

Jakob prai kini tinggal di malmoswedia. Dia menjabat sebagai kepala missi politik OPM urusan luar negeri (internasional)
TEPENAL kini telah berubah menjadi TPN. Artinya tetap sama, yaitu tentara pembebasan nasional, hanya saja sering digangdeng dengan huruf “PB” menjadi TPN-PB artinya tentara pembebasan nasional-papua barat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *