Saat Mahasiswa Menyampaikan Aspirasi Secara Lisan Kepada Rektor III Di Gedung Baru Lantai 7 Uniyap Jayapura (Dok/SM)

Jayapura,Suara Mee – Mahasiswa universitas yapis papua minta Rektor,mengambil kebijakan khusus untuk meringankan tunggakan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) setiap semester.

Aspirasi tersebut disampaikan mahasiswa mewakili 7 fakuktas yakni; (1) Fisip (2) Ekonomi (3) Perikanan (4) Teknik (5) Hukum, (6) Agama Islam, dan (7) Keguruan saat menemui Rektor III di gedung baru lantai 7 uniyap. Kamis, (16/7/2020) .

Yermias Kudiai, mengatakan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) ini, kami dapat berbagai masukan dan cerita besarnya beban mahasiswa dengan adanya belajar di rumah sehingga kami minta rektor mesti mengambil kebijakan khusus untuk meringankan uang kuliah tersebut,”ujar Kudiai

Krisis ekonomi yang dialami orang tua kami dari sisi penghasilan dan tidak bisa mengakses berbagai fasilitas. Maka kebijakan meringankan UKT bagi mahasiswa kami tunggu jawaban dari rektor sebagai pimpinan universitas,” ujar Yermias Kudiai, kepada wartawan suara Mee.

Sebelumnya ada desakan dari mahasiswa terkait pembayaran UKT. membuat kami beberapa mahasiswa tergerak hati menyuarakan aspirasi tersebut kepada rektor dan jajarannya,” kata kudiai mahasiswa Fisip.

Di kesempatan itu Sepi Boma mengatakan kami datang dengan tujuan menyampaikan aspirasi,untuk meringankan pembayaran UKT,  kami juga minta bapa ibu dosen tolong perhatikan pemberikan IPK,semua mahasiswa di harapkan di beri nilai yang baik,tanpa terkecuali, sebab selama ini kami manghadapi wabah penyebaran  covid-19 ,”tuturnya”

Lanjut Boma, melihat kuliah jarak jauh melalui online melalui aplikasi zoom,kebanyakan mahasiswa kurang paham dan belum memiliki data internet,hal ini membuat kebanyakan mahasiswa ketingalan materi,sehingga kami berharap dalam memberikan nilai semua mahasiswa musti diluluskan sesuai inisiatif mahasiswa,”harapnya.

jika pimpinan universitas tidak pertimbangkan aspirasi kami, maka seluruh mahasiswa siap turun aksi di internal kampus menuntut meringankan beban bagi mahasiswa,”tegas Boma .

Boy Dawer, mengatakan aspirasi adik-adik mahasiswa saya sebagai rektor III menerima dan akan berusaha untuk konsultasi dengan pimpinan dalam rangka mencari solusi, “kata dosen ekonomi kepada mahasiswa”

“Ia menyampaikan siap mengkawal aspirasi mahasiswa,untuk meringankan beban UKT dan nilai IPK bagi mahasiswa, selanjutnya diharapkan tunggu jawaban dari pimpinan universitas,”pungkasnya.

Reporter : Stefen Boma/SM

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *