Oleh : Marselus Muyapa

“Jadilah pribadi yang bijak untuk mudah murah dan berprofesional dalam segala problematika kehidupan”

Kehidupan manusia pasti ada namanya kegagagalan dan kesuksesan. Kesuksesan karena mendapat apa yang di inginkan dan kegagalan karena tidak mendapatkan apa yang di inginkan. Banyak orang gagal karena tidak berani mencoba dan sedikit orang yang berhasil karena berjuang pada visi hidupnya.

A. Menjadi diri sendiri

Diri manusia adalah anugrah terbesar dari Tuhan. Tuhan mengutus kedunia sebagai manusia berkarya bukan manusia penonton. Anugrah Tuhan adalah pikiran dan hati untuk berpikir dan merasakan kehidupan ini.

Banyak yang suka kehidupan diatur olah orang lain. Orang lain yang mampu mengatur dan mengurus. Kadang dalam kehidupan kita mampu mengatur orang lain dari pada diri kita. Diri kita belum aman kenapa kita mengatur orang lain. Jadilah pribadi yang mengenal dirinya sendiri.

Kita manusia pribadi yang lengkap tidak memgurangi apapun. Pastikan mengenal diri kita melengkapi kekurangan kita dan meningkatkan kelebihan kita. Kekurangan kita dilengkapi dari orang yanng terdekat agar terlengkap menjadi pribadi yang mandiri.

B. Berpikir positif

Dalam perjuangan banyak hal yang dialami baik itu kebaikan ataupun keburukan dalam perjuangan hidup seseorang. Saat tubuh menguasai keburukan pasti diri kita rasanyaa aman aman tetapi lama kelemahan banyak orang tidak menyukai kita karena sifat kita yang kurang berkenang tetapi bila kita berpikir positif dan melakukan banyak hal kepada siapa saja pasti wajahmu berseri dan dimata orang terlihat terandal dan terpakai. Maka itu hilangkan berpikir buruk dan menigkatkan berpikir posisif.

C. Membangkitkan Pikiran Positif

Membangkitkan pikiran positif dengan semangat diri kita menjadi manusia yang mudah senyum bergembira bersama orang lain. Mampu menghilangkan keburukan dalam diri dan berpikir biasa bisasa. Jangan simpan dendam antara sesama. Hilangkankan prasangkah yang kurang berkenang. Jauhkankan pikiran negatif dan selalu meditasi diri agar manusia yang bisa tenang dan sabar melesaikan semua agenda agar menjadi diri yang bijak.

D. Menjadi diri yang kreatif

Semua manusia adalah manusia kreatif tanpa kecuali. Bila dan yang mengatakan saya bukan manusia kreatif pasti tidak mengenal dirinya sendiri karena semua manusia adalah manuasia yang luar biasa untuk mampu mencetak hasil karya besar kecil dalam kehidupan.

Kesalah pahaman dalam kehidupan manusia selalu menghargai manusia kreatif hasil yang besar tetapi manusia yang berkreatif kecil hanya biasa biasa pada hal di lihat kedua duanya adalah hasil karya yang luar biasa yang patut di hargai.

Kita harus berpikir merubah diri dengan kesenian dan kreatif agar diri kita mampu terasah dan di nikmati dimana dan kapan saja dari hasil kita sendiri adalah jalan terbaik dalam perjuangan seorang pantang menyerah demi harapan yang besar.

E. Membangun persahabatan dan keyakin diri

Manusia membutuhkan manusia itulah manusia sosial. Manusia membutuhkan dirinya sendiri adalah manusa egois yang tidak bersahabat dengan siap saja. Tetapi manusia membutuhkan banyak orang adalah manusia berwawasan cerdas yang ingin hidup 1000 tahun lagi.

Keyakinan diri membangun untuk memperbanyak persahabatan adalah jalan terbaik. Banyak sahabat yang kita miliki banyak arti hidup yang kita temukan. Hargai dan hormati perkataan sahabatmu pasti garis koordinasi sahabatmu akan terkoordinir baik.

Kita ingin memperbanyak sahabat jangan sekali kali melukai sahabatmu dengan hal yang tidak wajar. Jangan putus komunikasi, jangan lari dari masalah sahabatmu, jangan biarkan sahabat menderita sendiri, jangan menceritakan kelemahan sahabatmu kepada orang lain sebab garis sahabat dalam waktu dekat terpisah nantinya.

F. Tumbukan sikap dalam diri

Tumbuhkan sikap dalam diri bahwa saya selagi hidup saya kerja dan bisa, jangan kita mudah menyerah dengan aktifitas sederhana, jangan kita bosan dengan hidup, jangan kita sedih, jangan kita marah, jangan kita sombong, jangan kita manusia yang tidak bermoral tetapi tanamkan dalam diri saya manusia optimis, saya manusia bersemangat, saya manusia pejuang, saya manusia terhormat, mereka makan ubi saya makan ubi sama sama makan ubi.

Penulis: Adalah Mahasiswa Manokwari

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *