Kita sering melihat lilin berukuran besar yang dinyalakan dan diarak imam pada Misa Malam Paskah. Biasanya, usai menyalakan lilin Paskah Imam mulai melakukan prosesi perarakan ke dalam Gereja, lalu umat diperbolehkan untuk menyalakan lilin masing-masing.

Jika diperhatikan, lilin Paskah tersebut sedikit berbeda dengan lilin yang dinyalakan umat. Selain karena ukurannya, pada badan lilin tersebut terpasang beberapa simbol.
Nah, apakah kamu tahu makna dari Lilin Paskah beserta sejumlah simbol itu? Jika belum, maka kamu perlu menyimak artikel ini hingga selesai.

#1 Nyala api
Nyala lilin Paskah melambangkan Kristus yang adalah terang dunia. Bersumber dari lilin Paskah inilah, lilin yang lainnya dinyalakan. Ini menunjukan bahwa Yesus adalah sumber cahaya kita. Sedangkan sumbu lilin menandakan jiwa-Nya.

#2 Cahaya Lilin
Simbol berikut adalah cahaya lilin yang melambangkan kebangkitan Kristus. Ia bangkit dan mengalahkan maut. Cahaya kebangkitan-Nya menerangi kita dari kegelapan.

#3 Salib
Salib yang tertera pada lilin Paskah adalah simbol tertinggi. Ini adalah lambang pengorbanan Yesus. Melalui salib, Yesus wafat dan menyelamatkan manusia dari belenggu dosa.

#4 Biji Dupa
Pada upacara penyalaan lilin Paskah, Imam menancapkan lima biji dupa pada simbol salib yang terpasang pada batang lilin.

Lima biji dupa ini dipasang pada sisi atas, kiri, kanan, bawah dan pada bagian tengah salib. Ini mewakili lima luka Yesus : tiga paku yang menusuk tangan dan kaki-Nya, tombak yang menusuk lambung, dan duri yang menusuk kepala-Nya.

Selain itu, biji dupa ini juga mengingatkan kita akan aroma rempah-rempah yang dipakaikan pada tubuh Yesus sebelum ia dimakamkan.

“Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.” (bdk. Yohanes 19 : 38-41)

#6 Alpha & Omega
Lambang A dan Ω merupakan huruf Yunani yang artinya Alfa dan Omega. Ini menggambarkan pribadi Yesus yang adalah Awal dan Akhir.

Pernyataan ini bisa kita temukan dalam kitab Wahyu 21 : 6 : “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir.”

#5 Tahun
Simbol tahun yang tertera mewakili tahun saat ini. Artinya, Kristus ada di sini bersama kita hari ini, dan terus-menerus membimbing semua ciptaan-Nya kepada Bapa.

#7 Domba
Gambar domba memiliki makna bahwa Kristus adalah anak domba Paskah yang dikurbankan untuk menebus dosa-dosa kita.

Itulah makna dari 7 simbol yang tertera pada lilin Paskah. Lilin yang dinyalakan pada Malam Paskah ini akan terus dinyalakan setiap Minggu selama Masa Paskah hingga pesta Kenaikan.

Sumber : Aleteia.org dan catholicnewsagency.com

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *