Oleh: Semuel Nawipa

Mengingat Anda sedang membaca buku ini, cukup aman berasumsi bahwa Anda sedang mencari sesuatu. Anda merasa bahwa ada sesuatu yang hilang atau sesuatu yang lain yang tersedia bagi Anda yang akan mengahasilkan sesuatu yang berbeda dalam kualitas kehidupan Anda dan kehidupan orang-orang yang bekerja atau tinggal bersama Anda.

Mungkin ada gunanya Anda tahu bahwa buku ini dimaksudkan untuk membagikan informasi kepada anda, bukan memberi tahu anda tentang apa yang harus dilakukan atau bagaimana Hidup atau pilihan Mana yang harus diambil. Kekuatannya bukan terdapat dalam isi buku ini; tapi dalam sesuatu yang dibangkitkan isi tersebut dalam diri anda. Tuliskanlah pemikiran dan pemahaman anda ketika kekuatan itu muncul.

Kehidupan anda milik anda, bukan Saya. Maksudnya, kehidupan menyajikan informasi sebegitu rupa sehingga anda tertarik kepadanya: untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin belum perna anda pikirkan dan menawarkannya kepada anda untuk dipertimbangkan, dan anda sepenuhnya menentukan pilihan bagi diri sendiri.

Jika sesuatu menyarik bagi anda bagus. Jika tidak, biarkanlah berlaku dan lanjutkanlah. Selain itu, tidak ada aturan bagaimana membaca buku ini. Mulailah dari Mana pun anda suka dan pindahlah ke bagian Mana anda ingin beralih. Biarkan topik-topik yang paling menarik bagi anda mandapat perhatian anda pertama-tama.

Salah satu pengandaian tentang kehidupan yang Saya jalani ialah bahwa tidak ada kebetulan dalam semester ini; bahwa segala sesuatu terlihat jelas tepat bagaimana mestinya berarti, apa pun pengalaman saya, pengalaman itu mempunyai tujuan. Saya dapat mengeluh tentang kehidupan Saya atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berbeda, seperti apa manfaatnya bagi Saya untuk belajar tentang diri sendiri dari pengalaman ini semua asumsi ini, yang telah menuntun dan membantu Saya beberapa lama hingga saat ini, mungkin pantas dibelajar.

Saya juga membuat beberapa asumsi dasar tentang anda sebagai membaca, yang telah menuntun dan mengarahkan baik pendekatan Saya Maupun sejauh Mana Saya begitu saja mengatakan apa yang benar bagi Saya tanpa mamberi tanda untuk berhari-hari dan peringatan sebagai berikut.

Penulis adalah Mahasiswa Papua
Kuliah di Uncen

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *