Oleh: Semuel Nawipa

Egois adalah kata yang sangat tidak disukai oleh hampir semua orang seluruh dunia. Sifat egois jika kelola jadi baik tidaknya egoisme seseorang sangat bergantung kepada pengelolaan yang bersangkutan, mau di kelola dengan pikiran positif atau dengan pikiran negatif.

Namun jika kita memikirkan diri kita sendiri tanpa kita memikirkan orang lain akan melahirkan berbagai macam spekulasi di kalangan masyarakat. Bahwa banyak pejabat atau warga, khususnya pengusaha, yang tersandung masalah cenderung tertutup dan tidak suka bergaul dengan masyarakat sekitar lingkungan.

Di saman ini banyak orang berpikir bahwa bergaul dengan orang lain membuat susah karena dianggap banyak menghabiskan waktu, tenaga dan biaya.

Ada juga yang memikirkan pergaulan dengan banyak orang hanya boleh dilakukan oleh para politisi saja sedangkan pengusaha dan aparat pemerintah tidak terlalu penting. Melihat kehidupan sehari-hari, orang sudah mulai kehilangan konsep hidup bersama padahal konsep hidup bersama adalah sebuah kekuatan yang tidak tiada ratanya.

Tidak sedikit orang papua lebih mementingkan diri sendiri dengan mengesampingkan orang lain. Ketika kita berpikir demikian saat itulah yang disebut dengan egoisme negatif.

Pemimpin di papua haruslah memiliki sikap rendah hati atau kesederhanaan. Kesederhanaan dapat ditunjukkan dalam berpakai, bertutur kata maupun berperilaku.

Penulis: adalah Mahasiswa Uncen

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *