Oleh: Melkias butu

Perjuangan adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam hidup, jika tuhan membiarkan hidup tanpa hambatan dan perjuangan, itu mungkin akan melumpuhkan kita, karena kita akan senantiasa sombong dengan segala kemudahan, hingga akhirnya jatuh dan kalah.

Hidup ini tak lepas dari namanya perjuangan, malah sejak kecil kita sudah belajar untuk berjuang dari merangkak, berjalan hingga dapat berlari. tidak hanya itu, sejak kecil juga kita sebenarnya sudah paham tentang pentingnya kesimbangan agar tak mengalami yang namanya terjatuh.

Selepas kecil, kita akhirnya mulai dewasa, masalah demi permasalahan muncul tiada henti, yaa, kehidupun ini memang tak luput dari rintangan dan cobaan yang datang silih berganti. namanya juga manusia, jika dihadapkan di kondisi tersebut kemungkinan akan mengalami rasa putus asa, sedih atau mudah menyerah, seberat apapun masalah kita ,kita harus semangat berjuang Demi untuk tanah air kita.

Jika kami berpikir untuk bangkit, bisa jadi kami akan lebih dalam mengenal yang namanya perjuangan, tidak selamanya penderitaan akan berujung kesedihan, namun perjuangan bukan sekedar berkorban jiwa atau raga, lebih dari itu, kami harus rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran sendiri untuk keluar dari masalah yang selama ini menghampiri kami

Tidak ada salahnya jika,memiliki impian, cita-cita dan harapan dan bermimpi yang tinggi, selagi bisa berjuang, punya semangat dan tak pernah kenal lelah untuk mewujudkannya, namun itu juga harus realistis, karena semua makna perjuangan yang kami korbankan justru akan sia-sia jika kita melupakan Tuhan yang selalu mensupport kita dari belakang . jika ingat tuhan dan ora etrabora (berdoa bekerja dan belajar) maka kami akan menjapai tujuan yang Kita impikan.

Penutup
Ketika berhasil mencapai sebuah tujuan, disitulah akan merasakan dan mengerti betapa indah kata kata perjuangan dan pengorbanan itu. terlepas dari banyaknya kata gagal yang didapatkan kemarin, terbayar sudah dengan keberhasilan uang buat kamu menjadi sukses. nah, untuk semua orang Papua yang sedang berjuang saat ini, jangan berhenti untuk mengobarkan semangat pada setiap manusia dan percaya akan diri sendiri kita. tanpa membahas panjang lebar lagi.

Penulis: Adalah Pelajar SMKes Jayapura Papua.

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *