Oleh: John NR Gobai

Pengantar
Gerakan Pemuda pulang kampung pentinga gar anak anak yang menganggur dapat pulang ke kampung untuk membangun kampung. Sebelum diterjunkan mereka harus diberikan materi materi pembekalan oleh instansi pemerintah sesuai dengan potensi daerah agar pemuda pemuda ini dapat memahami potensi daerah, materi yang lain juga adalah tentang kewirausahaan, kesehatan dan hukum.

Jadi bisa diangkat Pemuda Pulang Kampung sesuai jumlah kampung atau wilayah adat, orangnya tinggal dikampung. Harapannya mereka juga akan melakukan program penguatan masyarakat adat.

Belajar Dari Agus Kadepa

Ada sebuah pengalaman menarik seorang Agustinus kadepa, dia salahsatu pendiri Gerakan Papua Mengajar, yang mengajar anak anak kecil beliau adalah contoh Pemuda pulang kampung, beliau setelah menyelesaikan study di Uncen Jayapura
Agus sedang membuat kebun Kopi bersama masyarakat di kampung halamannya di Paniai, Agus memanfaatkan benar gerakan tanam kopi yang dilakukan oleh Bupati Paniai Meki Nawipa.

Agus Kadepa adalah seorang pemuda energik dan hebat, dia seorang anak muda Katolik yang benar benar mengamalkan ajaran sosial Gereja.

Penutup
Kini perlu digalakkan kembali gerakan seperti ini, agar potensi potensi dikampung dapat berkembang.

Saat ini yang perlu di pikirkan agar adanya pemuda pulang kampung ke wilayah adat artinya kalo dia berasal dari wilayah adat A yang dia ditempatkan dikampung A, agar mereka bertanggung jawab atas lembaga pemberdayaan masyarakat dikampung halamannya agar ada pengembangan masyarakat sehingga dana atau program pemberdayaan yg mengalir dr berbagai pihak dapat dikelola melalui LPM Kampung atau Wilayah adat atau komunitas basis tersebut.

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *