Oleh: Semuel Nawipa

Kita adalah mesin belajar yang rakus, Kita tidak pernah tidak belajar, Kita selalu mengumpulkan informasi, Masalahnya, mengingat kita selalu mengumpulkan informasi, apa yang kita pelajari untuk dilakukan untuk ada untuk menjadi diri kita.

Selain menjadi data dasar dari pengalaman sebagai manusia, lama-kelamaan pengalaman-pengalaman ini akan digeneralisasi menjadi pandangan hidup yang terbentuk melalui seperangkat keyakinan, nilai, dan sikap.

Kita mempelajari semua ini dalam masa awal sistem keluarga kita, saya sangat menyadari sesucian yang diyakini masyarakat ada dalam keluarga.

Saya tidak percaya bahwa sistem ini berada diluar lingkup keingintahuan dan pengamatan kita, sangat terlalu lama, penyalidikan terhadap sistem keluarga telah dianggap tahu, terlarang, dan terlalu suci untuk dibukakan.

Sangat terlalu lama, anak-anak kita telah menjadi milik orang tua yang kadang-kadang tidak berdaya dihadapa mereka, dan lakukan apa yang menyenangkan mereka.

Anak-anak kita adalah masa depan, keyakinan saya, sudah saatnya mempelajari sistem mendasar yang menjadi asal-muasal berkembang nya sistem lainnya.

Penulis: Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis universitas Cenderawasih FEB UNCEN

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *