Oleh: Jheff Yumai Badii

Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, tidak terlepas dari kontribusi besar manusia dimasa lampau. Dimana saat ini, sejarah tentang perkembangan ilmu pengetahuan menjadi topik perbincangan hingga saat ini akan perbandingannya dengan zaman dahulu kala.

Sehingga semua proses itu tidak diragukan bahwa dunia sudah dan terus melahirkan para tokoh dan figur figur berpengaruh. Baik itu Para tokoh dan orang orang berpengaruh terdahulu yang lahir bersamaan dengan lahirnya ilmu pengetahuan maupun bagi mereka yang telah merevolusi ilmu pengetahuan, terbukti telah menyumbang karya dan membawa perubahan yang sangat besar dalam seluruh aspek kehidupan manusia.

Perkembangan ilmu pengetahuan lahir dan berkembang dari usaha-usaha manusia baik untuk memahami realitas kehidupan dan alam semesta maupun untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang dihadapi.

Seiring dengan perkembangan zaman dan pola pikir manusia yang semakin pesat, perkembangan ilmu pengetahuan dalam mencapai suatu kehidupan baru untuk menunjang perkembangan teknologi dan informasi global di era globalisasi ini.

Perkembangan Ilmu pengetahuan memiliki perjalanan yang cukup panjang, bermula dari rasa ingin tahu yang merupakan ciri khas manusia. Berawal ketika pertama kali ilmu pengetahuan mulai bergulir, mulai dari zaman pra yunani kuno, zaman yunani kuno, zaman pertengahan, zaman renaiscance/abad pencerahan eropa, zaman modern, hingga zaman kontemporer. Dan kini karya mereka para terdahulu terbukti memberi kontribusi yang besar, dan seutuhnya telah mengubah total tatanan kehidupan umat manusia.

Itu adalah hasil cipta, karya, dan karsa mereka para terdahulu yaitu para tokoh dan orang-orang berpengaruh dimasa lalu. Bagi mereka hidup ini adalah untuk berkarya, sehingga mereka menjadi mesin utama penggerak dan pendobrak terciptanya sebuah perubahan. Perubahan tercipta ketika terjadi interaksi yang cukup panjang, rumit dan berlapis namun itu menjadi landasan atau pijakan utama terciptanya sebuah perubahan dalam kehidupan manusia dimasa sekarang.

Dunia saat ini sudah semakin berubah dan semakin maju dalam berbagai dimensi hidup baik itu teknologi, ilmuh pengetahuan, ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Perkembangan kehidupan manusia saat ini bermula dari yg namanya Ilmu pengetahuan, sehingga semua itu telah mengubah total bagi kelangsungan hidup manusia saat ini.

Bagi sebagian masyarakat kontemporer khususnya masyarakat barat, menganggap ilmu pengetahuan merupakan sebuah religion. Perkembangan Iptek dianggap sebagai solusi dari setiap permasalahan hidup yang ada dan meyakini dapat membebaskan diri mereka dari berbagai kungkungan kefanahan dunia.

Manusia memerlukan ilmu pengetahuan, dan merupakan aset penting bagi umat manusia dalam keberlangsungan hidup manusia. Kemauan seseorang untuk belajar menggali ilmu pengetahuan, akan membawa pada masa depan hidupnya yang lebih baik dan sejahtera.

Diatas ini hanyalah merupakan ringkasan bagaimana ilmu pengetahuan itu ada dan menjadi bagian yang utuh dari kehidupan manusia, serta telah mengubah total tatanan kehidupan umat manusia dimuka bumi.

Manusia, Teknologi dan Ilmu
Dampak Positif dan Negatif

Positif

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin mempermudah manusia dalam memperoleh ilmu pengetahuan maupun informasi melalui internet. Misalnya membuat game, bisnis online maupun ilmu pengetahuan lainnya yang bisa ditemuinya.

Hampir semua kemudahan bisa didapat oleh manusia tanpa harus merepotkan diri. Kini perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah membawa manusia pada kehidupan yang serba bisa.

Negatif

Dibalik dampak positif dari setiap perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, tentu selalu memiliki dampak negatif. Negatifnya yaitu, manusia dibuat terlena oleh kemajuan teknologi. Waktunya terbuang, terlalu sibuk dalam memanfaatkan pemakaian kemajuan teknologi seperti komputer dengan jaringan internet. Tantangan ini terlalu sering dialami oleh negara-negara berkembang yang baru beradaptasi dengan dunia teknologi yang berkembang pesat saat ini.

Dunia ini terbuka selebar-lebarnya, bagaimana dunia mengijinkan para insan-insan science untuk terus melakukan sesuatu yang baru bagi dunia ini, dan hasilnya dapat dilestarikan agar ilmu pengetahuan untuk merevolusi dalam perkembangan zaman agar dapat melahirkan insan-insan terdidik, inovatif, dan kreatif.

Ilmu pengetahuan akan terus mengalami revolusi, sehingga manusia harus siap dengan segala perubahan tersebut. Sebagaimana halnya siklus kehidupan manusia yang semakin mengalami perubahan. Karena, Ilmu pengetahuan adalah aset terbesar dalam kehidupan manusia.

Penulis adalah mahasiswa Papua

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *