Oleh: Hendrikus gobai kadepa

Salah satu pengalaman kita adalah dimana kita pergi ke tempat yang tak pernah kita kunjungi sekalipun sebab kita dapat membuat bahan cerita yang bermakna juga merupakan unsur baru dalam kehidupan kita masing -masing.
Pengalaman merupakan sumber indikasi untuk bertindak menuju pada kebenaran dan kebenaran adalah solusi untuk dapat mengatasi antara ke dua belah pihak perlawanan demi tranformasi atas kerumitan bagaimana strateginya untuk menghasilkan hal yang lebih baik lagi.
Pengalaman dapat mencetak pengetahuan positif dan negatif sehingga manusia cenderung mengambil waktu untuk mengetahui kebenaran dan kesalahannya kemudian kebenaran yang di cetak oleh pengalaman hidup tak perna di persalahkan.

Dengan mengalami suatu peristiwa kehidupan seseorang akan mengetahui sesuatu yang baru dan itu akan di jadikana sebagai pegetahuan tambahan baik yang secara sengaja maupun tidak sengaja. Berpengalaman secara sengaja adalah berpengalaman sesuai alur yang dinyatakan pada tempatnya.
Sementara, berpengalaman secara tidak sengaja adalah kita boleh menyebut saja tanpa dengan bersangkutannya, sehingga dapat berpengalaman di suatu peristiwa hidup melalui keinginan dan kemampuan individunya.

Mengapa pengalaman sebagai pengetahuan?Memperoleh pengetahun melalui belajar pada buku belum tentu mengetahui dan memahami bahkan pula menjawab ketika pertanyaan hidup datang secara menyeluruh. Pegalaman membaca buku kadang membara untuk menjawab ketika pertanyaan yang di berikan tidak sesuai dengan eksistensi dan dimensi hidup kita. Kecuali kita belajar pada buku sekaligus dengan implementasikan pada dunia nyata (praktik) sesuai konteks yang di pelajari secara sistematika pada buku-buku yang sering kita baca itu. Sebab dengan berpegalaman sacara praktek akan mencetak pengalaman yang luar biasa hal itu akan melatih kita untuk tidak lagi secara teori.

Disisi lain, pengalaman pergaulan dengan sosial lain seperti rekan akrab adalah hal yang berguna sebab kita bisa bertukar pikiran sehingga dapat mengetahui dan menyatakan bahwa dapat hal yang tak pernah ditahui menjadi tahu sebagai mengaplikasikan makna kehidupan yang rasional.

Pengalaman untuk dapat mewujudkan logika kebenaran.
Logika sebagai pengetahuan untuk mewujudkan kebenaran atas alasan abstraknya menyatakan abstrkanya karena logika menjadi logis menuju pada kebenaran. Sehingga dapat mewujudkan dinamika kehidupan dan akhirnya terkendali konteks kerumitan dalam perjuangan hidup.

Mengalami suatu pengalaman oleh individu sebagai pelakunya adalah menguntungkan tetapi kalau kita hanya dengar omongan orang lain adalah hanya suatu ilusi.

Tetapi pengalamanya bukan hanya berpengalaman di kaji oleh mata sendiri, melainkan menerima cerita pengalaman orang lain pula, sehingga dari itu kita bisa mencobanya yang baik bukan yang buruk.
Kita perlu memebedaka pembicaraan orang lain yang kadang kalah meyakinkan kita dengan bercerita pengalaman seseorang sebab belum tentu semua akan benar dan ketika kita mendengar cerita orang tetang pengalaman orang lain logika akan aktif sebagai recorder (perekam).

Kesimpulan, Pengalaman diartikan sebagai sumber pengetahun dan satu-satunya sumber pengalaman adalah pengetahuan, karena pengalaman adalah guru yang paling berharga.Pengalaman dapat mengajarkan kita untuk tidak jatuh pada kesalahan yang sama ketika cara yang pertama gagal, kita tidak menggunakan cara yang bisa mencetak suatu kegagalan lagi. Sebab pengalaman telah dan akan menjadi saksi untuk tidak mengambil langkah tersebut lagi.
Pengalaman tetap berada pada fungsi tertinggi sebagai asal usul pengetahuan bagi manusia (untuk memeroleh hidup yang aktual)!

Oleh karena itu, meskipun di alami pengalaman yang buruk tapi harus jadikan pengalaman sebagai guru terbaik dalam kehidupan sehari-hari kita. Mengesal atas perbuatannya akan supaya perubahan dari segala perbuatan keburukan menjadi sebuah teori hakiki hidup.

Penulis : Mahasiswa Aktivis Fisip Uncen Jayapura Papua

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *