Jayapura, Suara Mee – Demi meningkatkan kemampuan menulis pelajar dan mahasiswa Kamuu, melalui bidang SDM kembali gelar diskusi publik dasar dasar jurnalistik, berlangsung di Asrama Kamuu, Jumat (26/03/2021)

Dalam diskusi itu Benediktus Agapa selaku pemateri menjelaskan, jurnalis adalah orang yang mencari, mengolah,menulis dan menyebarkan luaskan informasi,inilah tugas seorang Wartawan,” katanya.

“Jadi seorang jurnalis juga harus memiliki keterampilan,skill dan kemampuan khusus agar mampu menulis bobot berita yang nilainya tinggi dan bermanfaat bagi publik,” katanya.

Selain itu Agapa mengatakan, dalam situasi Papua yang memiliki ragam Masala, anak muda Papua kita ditantang, harus menjadi wartawan agar bisa menulis tentang kehidupan kita diatas negeri ini sesuai dengan realita yang terjadi,” katanya.

“Maka apapun yang terjadi kita bisa laporkan sesuai dengan fakta di lapangan, baik konflik berkepanjangan maupun masalah sosial lainnya yang di rasakan masyarakat saat ini,” ujarnya.

Agapa yang juga wartawan Suarameepago ini, mengatakan melalui materi dasar dasar jurnalistik yang diberikan ini, menjadi dasar, dan termotivasi agar kelak menjadi wartawan yang handal dan peduli terhadap realitas kehidupan manusia Papua,” katanya.

Sementara itu koordinator SDM Melkianus Tebai mengatakan, demi menambah pengetahuan bagi mahasiswa Kamuu, dirinya akan selalu melakukan diskusi rutin seminggu sekali, diskusi tentang dasar dasar jurnalistik ini sebagai awal dan akan terus dilakukan dimasa masa mendatang juga,” katanya.

“Maka seluruh mahasiswa Kamuu, harus aktif dalam melibatkan diri untuk mengikuti setiap diskusi dan pelatihan lainya yang akan dilakukan kedepan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, ketua FK-PMLHK Fransiskus Yobee mengatakan diskusi ini akan terus dilakukan,sebab sesuai dengan misi badan pengurus ” Melahirkan kader kader yang mampu bersaing di segala bidang,” katanya.

“Tidak hanya diskusi, pelatihan juga sudah menjadi program prioritas yang kami akan lakukan, semua ini demi menambah pengetahuan mahasiswa Kamuu dijayapura, karena hanya pengetahuan yang kita dapatkan dikampus tidaklah cukup,” ujarnya.

Fransiskus Yobee yang juga Mahasiswa Uncen ini mengatakan, terimakasih kepada pemateri yang telah berbagi Ilmu dasar dasar jurnalistik, semoga ini menjadi dasar agar mahasiswa Kamuu bisa menjadi wartawan agar mampu menyuarakan seluk beluk kehidupan manusia Papua,” pungkasnya.

Reporter : Elias Maday.

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *