Sentani Suara Mee.com17 Anggota DPR Papua Ikuti Orientasi atau Pembekalan

Setalah dilantik dan diambil sumpah/janji Anggota DPR Papua pada 16 April 2021 lalu maka 14 Anggota DPRP yang ditetapkan melalui Mekanisme Pengangkatan dan 3 Anggota DPRP Pengganti Antar Waktu sisa masa Jabatan 2019-2024 terhitung mulai tanggal 22 s.d 25 April 2021 mengikuti Orientasi/Pembekalan yang berlangsung di Hotel Suni Garden Sentani.

Ketua DPRP Jhonny Banua Rouw,SE dalam sambutannya ketika membuka kegiatan orientasi/pembekalan mengatakan bahwa orientas/pembekalan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas Anggota DPRP guna menunjang pelaksanaan tugas kedewanan,” Kami berharap melalui Orientasi ini, kapasitas dan pengetahuan Anggota DPRP semakin meningkat sehingga dapat melaksanakan tiga fungsi dewan yakni anggaran, pengawasan dan pembentukan peraturan daerah disamping menjalankan tugas sebagai penyambung aspirasi rakyat,” Tegasnya

Dikatakan Banua, pelaksanaan tiga fungsi pokok dewan akan berjalan maksimal apabila diawali dengan proses perencanaan yang baik.Pada Fungsi Anggaran, DPR Papua membutuhkan perencanaan yang matang, dan harus diputuskan dalam sidang dewan.

Setiap anggota dewan nantinya juga akan mengawasi penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang telah ditetapkan disamping tentunya juga pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) dan Peraturan Daerah Provinsi yang sudah dibuat, apakah selama ini berjalan sesuai tugas dan fungsinya atau tidak,” ujar Rouw.

Lebih jauh dikatakan Banua, khusus untuk pelaksanaan tugas pembentukan Perdasi dan Perdasus, setiap tahun ada sejumlah Perdasi dan Perdasus yang telah ditetap oleh DPR Papua untuk pihaknya meminta 14 anggota DPR Papua yang ditetapkan melalui Mekanisme Pengangkatan untuk tidak hanya fokus pada proses pembahasan dan pengesahan Perdasus dan Perdasi saja namun juga harus mengawasi pelaksanaan Perdasus dan Perdasi,” Perdasus dan Perdasi itu turunan dari UU Otonomi Khusus Papua.

sudah berapa banyak Perdasus dan Perdasi yang disahkan? Berapa banyak yang sudah berjalan, lalu dari sisi pengawasan terhadap peraturan pemerintah ada berapa banyak? Hal itu akan menjadi perhatian kita bersama 14 kursi anggota dari Jalur Pengangkatan,”Tutupnya.

Reporter : Admin

Sumber : humasDPRP.
Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *