Jhon NR Gobai : Sagu harus dilindungi dan Kembangkan

Jayapura, Suara Mee. com – Sagu merupakan pohon yang mempunyai berbagai fungsi. Pohon sagu banyak tumbuh di Papua bagian pesisir, wilayah selatan papua masih menyimpan cadangan hutan sagu yang luas. berbagai pembangunan dan investasi telah dan sedang menggusur dan membabat pohon sagu yang tumbuh secara alamiah namun budidaya sagu masih terbatas.

Hal ini di jelaskan Anggota DPR Papua Jhon NR Gobai kepada Suara Mee, Rabu (26/05/2021) dengan melihat sagu menjadi sumber pendapatan masyarakat dan berguna bagi kehidupan masyarakat papua dibagian pesisir untuk itu diperlukan upaya strategis untuk perlindungan dan pengembangan sagu.

“Dalam rangka perlindungan hutan atau dusun sagu yang adalah sumber kehidupan masyarakat, diperlukan adanya kebijakan pembatasan pembukaan lahan baik kehutanan maupun perkebunan sawit, pembukaan jalan dan pembangunan komplex perumahan yang membongkar hutan sagu.

Gobai Menambahkan, mesti ada upaya membuka kebun kebun atau dusun dusun sagu, perlu ada budidaya sagu khas papua. Diperlukan juga upaya secara bertahap pengurangan bantuan beras rastra karena telah merubah pola konsumsi masyarakat.

“Dalam rangka perlindungan pemerintah harus buat regulasi khusus, jika hal ini di lakukan haruslah di Patuhi dan dilaksanakan secara benar.

Gobai Mengusulkan, Di Provinsi dan kabupaten kota yang mempunyai potensi sagu perlu adanya badan khusus pengelolaan sagu.

Dalam rangka pengembangan sagu perlu dikembangkan, adanya industri peralatan pengolahan sagu, adanya pelatihan pelatihan pengolahan sagu, industri industri pengolahan sagu, pengolahan tepung sagu sebagai makanan ringan, pengolahan beras dari sagu.

“Dalam rangka pengembangan harus dikembangkan olahan dari sagu sebagai menu wajib dalam acara acara pemerintahan dan swasta. Sagu hanya boleh dijual oleh orang papua.

Sagu dan keladi adalah makanan pokok di Papua, tetapi pohon sagu juga mempunyai berbagai fungsi
Dalam UU No 8 tahun 2012 tentang Pangan telah mengatur tentang Pangan lokal, sehingga Sagu sebagai pangan lokal, menjadi kewenangan pemerintah daerah dan legislatif untuk menyiapkan regulasi guna perlindungan dan pengembangannya.(*)

Reporter : Admin

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *