KNPB Mengenang Gugurnya Macko Tabuni

Jayapura, Suara Mee. com – Komite Nasional Papua Barat [KNPB] pusat. Memperingati hari gugurnya Macko Tabuni, tepatnya 14 Juni 2021, sembilan tahun lalu Mako Tabuni tewas tertembak akibat tima panas yang diduga dilepaskan dari alat negara milik aparat Densus 88 Polda Papua. pada pukul 09:30 pagi di putaran taxi Perumnas III Waena pada 14 Juni 2012.

Sebelum Macko Tabuni ditembak Pada 2012, Mako Tabuni sudah menjadi Daftar Pencaharian Orang (DPO) gelap. Atas tuduhan yang tidak pernah dibuktikan hingga hari, tepatnya pada 14 Juni 2012, Penembakan saat kunyah pinang terakhirnya di pinggiran jalan, putaran taxi Perumnas III Waena, Kota Jayapura, Papua, pada pukul 9 pagi.

Figur sosok Mako Tabuni tidak akan pernah terlupakan oleh komite Nasional Papua Barat (KNPB) bersama rakyat pejuang di teritori west Papua. Setiap tahun, KNPB selalu gelar ziarah ke makam Mako Tabuni di kampung Sere. Hari ini 14 juni 2021, KNPB gelar renungan sekaligus makan pinang bersama di tempat Macko Tabuni ditembak mati oleh tim khusus Polda Papua.

Figur, Macko Tabuni menyadari betul, mencatat sejarah, memperjuangkan kemerdekaan itu bukanlah retorika belaka, melainkan perlawanan nyata. Rakyat Papua harus terlibat aktif, meninggalkan budaya bicara-bicara, membedakan dari kelompok ini dan itu, tetapi bersatu dalam gerakan rakyat dengan satu budaya kerja nyata. Kerja-kerja nyata itulah yang dapat mewujudkan cita-cita keluar dari genggaman bangsa penindas.

Mako Tabuni seorang revolusioner yang tidak pernah takut, midir lari ataupun menyerah. Dia mempunyai komitmen dengan keberanian mental yang sangat luar biasa. Mako Tabuni ada di benak aktivis KNPB. ideologinya, teladan dan pesannya mengedepankan perlawanan damai masih hidup di setiap generasi.

“Kita tidak boleh kalah, menyerah dan percaya terhadap tipu daya penjajah. Berhenti, berhenti dan berhenti percaya terhadap Jakarta,” begitu kata Macko Tabuni.

Pada momentum peringatan hari gugurnya Macko Tabuni ini komite Nasional Papua Barat (KNPB), pusat menghimbau kepada seluruh aktivitas KNPB di teritori west Papua dan rakyat pejuang untuk tetap konsolidasi di lintas rakyat. Kita berhenti, berhenti dan berhenti percaya terhadap kolonialisme Jakarta dan bangsa kapitalisme. Seperti dikatakan oleh Macko Tabuni.
Rayuan Pembangunan, kesejahteraan, damai dan segala bentuk paket Penjajah Indonesia adalah jalan pendek menuju kematian rakyat west Papua.

Indonesia adalah penjajah, dan west Papua terjajah! Menindas itu profesi penjajah. Berjuang itu profesi bangsa terjajah. Dua hal ini hanya bisa didamaikan dengan solusi politik, yakni penentuan nasib sendiri bagi bangsa terjajah. Tidak ada jalan lain.

Baku kasih tahu sesama rakyat pejuang untuk nyatakan kehendaknya luhur bangsa west Papua. Dan rakyat Papua, tetaplah fokus pada perjuangan menuntut hak penentuan nasib sendiri.

Reporter : Awiwiyai Agapa

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Berita Lapago Uncategorized

Satgas COVID-19 Lanny Jaya, Gencar Lakukan Sosialisasi Prokes

Jayapura, Suara Mee – Dipimpin langsung Sekda Kabupaten Lanny Jaya Petrus Wakerkwa Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya terus gencar lakukan sosialisasi pentingnya Protokol Kesehatan dan pembatasan Aktifitas, guna mencega penyebaran Covid – 19 diwilayah itu. Sekda lanny Jaya Kepada Wartawan melalui sambungan telepon selulernya, Rabu, (28/7). mengatakan bahwa, pemda Lanny Jaya mendahului keputusan Gubernur Soal pembatasan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Tanah Papua Uncategorized

Pemprov buatkan Intruksi untuk mewajibkan “Lada” di putar di tempat tempat umum

Jayapura,Suara Mee – Sekertaris Dewan Adat Papua (DAP) John Gobay mengatakan, pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban menginstruksikan pada hari tertentu (Ditentukan oleh Gubernur Papua) untuk memutar lagu lagu daerah (Lada) dari seluruh Tanah Papua. “Kalau kami berjalan di daerah lain seperti di jogja,solo,salatiga dsb. Kami dapat mendengarkan lagu-lagu daerah. Kita tinggal di Papua […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Mamta Meepago Tanah Papua

Penentuan Wagub, Gubernur Jangan Pilih Satu Kabupaten

Jayapura, Suara Mee – Mahasiswa dari wilayah adat Meepago menilai jika Gubernur Papua Lukas Enembe memilih Calon Wakil Gubernur dari satu Kabupaten asal, jelas gubernur terapkan Sistim Dinasti Satu Wilayah. Hal ini ditegaskan aktifis mahasiswa Meepago,  Apniel Doo mereka menilai, Kehidupan sosial, kekeluargaan, keserasian hidup bagi warga di Papua sangat unik dan perlu di lestarikan. […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More