Penentuan Wagub, Gubernur Jangan Pilih Satu Kabupaten

Jayapura, Suara Mee – Mahasiswa dari wilayah adat Meepago menilai jika Gubernur Papua Lukas Enembe memilih Calon Wakil Gubernur dari satu Kabupaten asal, jelas gubernur terapkan Sistim Dinasti Satu Wilayah.

Hal ini ditegaskan aktifis mahasiswa Meepago,  Apniel Doo mereka menilai, Kehidupan sosial, kekeluargaan, keserasian hidup bagi warga di Papua sangat unik dan perlu di lestarikan.

Apeniel menilai sangat memprihatinkan sistem pemerintahan yang di anut Gubernur Papua pada periode pertama dan ke dua, di mana jabatan pucuk pimpinan di tanah Papua seperti Gubernur, DPRP, MRP, bahkan beberapa jabatan struktural di Dok 2  Di dominasi oleh satu daerah.

“Seperti halnya juga pada pengusungan Bursa CAWAGUB di sisa waktu periode ke dua pengganti Almarhum KT, sangat terlihat jelas bahkan menonjol terhadap pengusulan beberapa nama calon yg di usulkan oleh partai kualisi,” katanya kepada Suara Mee, Rabu (28/7/2021).

Dikatakan Doo Papua sesungguhnya bukan didiami satu suku, ras, bahkan satu agama, bagaimana mau menyatuhkan tekat kalau Papua besar ini di isi oleh satu golongan tertentu.

“Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Partai koalisi sejatinya suda harus melihat kondisi ini. Papua bukan milik satu golongan suku, ras, agama, oleh karenanya berikan kesempatan kepada putra/i Papua lain untuk berdikari bagi negri Papua agar tercipta kebersamaan dan menyatu antar sesama suku, golongan, agama yg ada di tanah Papua,” katanya.

Meski demikian Doo juga Sangat  menyangkan karena yang menonjol sebagai pucuk pimpinan di Papua itu semua berasal dari puncak jaya.

“Tentu kita kagumi kemajuan mereka, tetapi sikap ini tidak meninggalkan kesan buruk dan bencana bagi generasi berikut.

Untuk itu yang kami hormati Tim koalisi dan Gubernur Papua berilah kesempatan pengisian kekosongan jabatan  Wagub ini kepada putra putri lain di luar dari puncak Jaya, karena satu kabupaten tidak bisa mewakili satu wilayah adat di Papua, bahkan semestinya harus ada kesadaran  yg tinggi lahir dari hati untuk membangun negri ini,” katanya.

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Berita

Launcing Album Wiwa Band Gerius Yoman Ajak Generasi Muda Kembangkan Lagu Daerah

Jayapura, SUARA MEE – Executive Produser Group musik Wita Waya (Wiwa) Band Gerius One Yoman, S.Pd,M.Si meluncurkan lagu “Bapa pembangunan Lukas Enembe” yang diciptakannya sendiri. “Yoman mengajak kepada generasi muda Papua harus kembali mengangkat lagu-lagu daerah.” Usai melauncing Album dengan 10 lagu bahasa daerah dan bahasa Indonesia, Mewakili Gubernur Papua, Kepala dinas Perkerjaan Umum dan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita

Peringati HUT Ke 58 SMP dan SMA YPPGI Yahukimo Melakukan Ibadah Bersama

Jayapura, SUARA MEE – Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Gereja-Gereja Injili (YPPGI) di tanah Papua, Keluarga Besar SMP dan SMA satu lokasi Dekai, Yahukimo merayakan HUT Ke 58 tahun dengan meriah. Senin, 20/9/2021. HUT kali ini dengan tema umum yang di berikan YPPGI pusat di tanah Papua adalah “Bangkit berubah dan Maju” dan sub tema “Dengan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Economy Mamta Tanah Papua Uncategorized

FEB Uncen Gelar Seminar Nasional Temu BEM Ekonomi Se-provinsi Papua dan Papua Barat

Jayapura, Suara Mee- Fakultas Ekonomi nomi dan Bisnis Universitas Cendrawasih gelar “Seminar Nasional Temu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ekonomi dan Bisnis Se-provinsi Papua dan Barat di Jayapura. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada kamis,(17/09/2021) di lingkungan Universitas Cendrawasih Fakultas Ekonomi dan bisnis. Sesuai dengan riilis pers yang diterima oleh wartawan @SuaraMeepago.com,pada jumat, (17/09/2021) seminar nasional yang […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More