Launcing Album Wiwa Band Gerius Yoman Ajak Generasi Muda Kembangkan Lagu Daerah

Jayapura, SUARA MEE – Executive Produser Group musik Wita Waya (Wiwa) Band Gerius One Yoman, S.Pd,M.Si meluncurkan lagu “Bapa pembangunan Lukas Enembe” yang diciptakannya sendiri.

“Yoman mengajak kepada generasi muda Papua harus kembali mengangkat lagu-lagu daerah.”

Usai melauncing Album dengan 10 lagu bahasa daerah dan bahasa Indonesia, Mewakili Gubernur Papua, Kepala dinas Perkerjaan Umum dan Perumaan Rakyat (PUPR) Gerius One Yoman, S.Pd, M.Si mengatakan, “semua musisi yang ada di tanah Papua harus terus melestarikan musik daerah dan bahasa serta karakter musik daerah yang ada,” pesannya.

Yoman mengatakan, “semua generasi muda dan musisi di Papua harus melestarikan musik-musik daerah dengan bahasa daerah dan karakternya masing-masing, karena itu kekayaan yang harus dilestarikan. Kami juga meminta agar mengangkat potensi musisi daerah dengan melihat kondisi yang ada di Papua baik alam manusia dan juga pembangunan,” katanya.

“Musik harus berbicara tentang pembangunan masyarakat Papua dan alam Papua,” katanya.

Dia juga meminta kepada generasi muda Papua agar tidak melakukan copy paste lagu orang lain dari daerah lain, tetapi mampu menciptakan lirik lagu dengan mengangkat potensi yang ada seperti yang diwariskan oleh musisi terdahulu seperti Black Brothers, mambesak dan lagu daerah lain yang di nantikan sebelumnya oleh musisi Papua terdahulu,” ungkapnya.

“Selain itu bagi adik-adik generasi muda untuk dapat terus mengangkat potensi lagu daerah di tengah era modernisasi saat ini yang marak dengan lagu-lagu dari negara dan daerah lain mari semua generasi muda kembali kita kan lagu daerah dengan melihat kondisi daerah karena lagu daerah memiliki ikatan emosional yang kuat dengan masyarakat Papua dengan bahasa daerah yang ada, ” katanya.

Ia juga mengajak, “musisi Papua dan generasi muda untuk mengangkat lagu-lagu yang mendukung pembangunan seperti membuat lagu dari para pejabat atau Pelopor sejarah maupun pendidikan yang ada di setiap daerah dengan bahasa daerah dan kehidupan mereka mendatang.”

“Saya ingin pesan kepada generasi muda buat lagu bagi para pelopor pembangunan yang ada di Papua dan generasi muda dapat menyanyikan dengan pesan-pesannya seperti Lukas Enembe yang sudah menjadi Bapak Pembangunan bagi orang Papua dan beberapa pejabat lainnya yang ada di daerah bisa dibuatkan lagu. Mendidik generasi muda, dan dengan semangat lagu juga dapat memberikan kekuatan kepada pejabat Papua untuk terus semangat bekerja,” pesannya.

Yoman menegaskan kepada seluruh generasi muda untuk kembali kepada musik dan lirik lagu daerah yang merupakan kekayaan dan budaya orang Papua sendiri dan jangan terpengaruh oleh musik Global yang bukan menjadi di budaya dan ciri khas orang Papua.

“Selain itu bagi generasi muda Papua memiliki budaya yang cukup kaya dengan lagu daerah dan musik daerah yang banyak mari kembali ke jati diri kita. Buat lagu-lagu daerah dengan musik daerah dan tetap mempertahankan ciri khas asli Papua dari setiap daerah masing-masing ini harus dilakukan oleh generasi muda saat ini. Saya pesan jangan malu dengan lagu daerah yang merupakan identitas dan jati dirimu karena ini suda di warisan dari orang tua dan nenek moyang kita,” pungkasnya

Reporter: Admin

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *