Solidaritas Mahasiswa Kota Manokwari Peduli Kemanusiaan Rakyat Maybrat Gelar Penggalangan Dana

Manokwari, SUARA MEE – Solidaritas Mahasiswa Kota Manokwari Peduli Kemanusiaan Rakyat Maybrat gelar Penggalangan Dana di beberapa titik, lampu merah Sanggeng, lampu merah Makalo dan lampu merah Wosi di area Manokwari kota, Selasa, (28/09/2021).

Aksi Galang dana dilakukan sebagai bentuk responsif terhadap krisis ekonomi, kesehatan dan lain yang rakyat Maybrat menghadapi dalam situasi mengungsi di belantara hutan dan daerah terdekat lainnya. Akibat insiden Pasca penyerangan Pos Koramil yang berakibat tewasnya 4 orang anggota TNI di Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat.

Dengan ini berkonsekuensi pendropan personil TNI-Polri terus dilakukan dengan dalil untuk penangkapan terhadap pelaku TPNPB-OPM yang melakukan penyerangan tersebut. Akibatnya rakyat sipil Maybrat trauma dan meninggalkan tempat, kebun, rumah hingga mengungsi ke hutan-hutan dan kota terdekat sekitarnya.

“Aksi Galang dana dilakukan sebagai bentuk kemanusiaan murni yang harus dilindungi, dihormati dan dipenuhi kebutuhannya sebagai manusia yang bebas dari kepentingan motif tertentu.

Hal itu disampaikan Bram Sakof Ketua koordinator aksi saat dihubungi media www.suarameepago.com melalui telepon seluler, 28/09/2021 kemarin.

“Aksi kami tidak ada kepentingan, aksi kami adalah aksi kemanusiaan murni” Kata Sakof.

Sakof menambahkan, “Aksi Galang dana masih dilakukan karena jumlah pengungsi yang berkisar 2.000 rakyat Maybrat dibandingkan ketersediaan dana dan bama yang diestimasi kurang untuk didistribusi. Hasil Galang dana dan sumbangan lainnya seperti pakaian, obat-obatan akan disalurkan langsung kepada rakyat yang mengungsi di Maybrat,” jelasnya.

“Kami sudah Galang dana 2 kali setelah buka posko tapi kami masih membutuhkan untuk membeli pakaian, makanan, obat-obatan. Setelah itu, kami akan distribusikan dalam waktu yang mendatang,”

Dalam kesempatan yang sama, Selina Keiya Aktivis Mahasiswa mengatakan, “posisi sebagai mahasiswa harus berperang penting dalam kemanusiaan, apalagi kita punya masyarakat. Jadi ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa untuk bagaimana bisa memberikan donasi sesuai kemampuan dari kita mahasiswa sendiri,” Katanya.

Selain itu, Nare Nahabial aktivis mahasiswa mengharapkan pemerintah dan pihak berwenang menarik personil TNI-Polri yang menduduki daerah Maybrat. Pasalnya, rakyat Maybrat mengungsi karena trauma dengan kekuatan pendorong personil TNI-Polri yang berlebihan.

” Militer yang drop menguasai kampung mereka (rakyat Maybrat) sehingga rakyat trauma dan mereka keluar. Tapi kalau militer itu ditarik maka masyarakat itu akan kembali,” pungkasnya.

Selain aksi galang dana, Solidaritas Mahasiswa kota Manokwari peduli kemanusiaan rakyat Maybrat juga menerima donasi seperti sumbangan dana melalui

Nomor Rekening: 3000201031892 Bank Papua
atas nama: Yuliance Adreana Fanataf
Nomor telepon: 082399744362

Pakaian serta obat-obatan akan diterima di posko beralamat di Sekretariat BEM Unipa, Jl. Gunung Salju Amban

Reporter: Obai Kago
Editor: Admin

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Rapat Terbuka IPPMMARPUT Se-INDONESIA
Berita Meepago Penkes

Alpons Yeimo ditunjuk Sebagai Ketua Panitia Musyawarah IPPMMAPUT Se-Indonesia

Paniai, Suara Mee – Berdasarkan Rapat Umum Terbuka Ikatan Pemuda pelajar Mahasiswa/I dan masyarakat Paniai Utara ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia Alpons Yeimo didaulat sebagai Ketua Panitia penyelenggara musyawarah yang pertama ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia. Hal itu disamapaikan Ketua Tim penggerak Menaken Gobai, usai diselenggarakan rapat umum di SMK Yamewa Enarotali Paniai, Sabtu (15/01/2021). Gobai mengatakan, rapat umum ini diselenggarakan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua
Berita Lingkungan Mamta

AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua

Paniai, Suara Mee – Komonitas Mahasiswa Katolik Untan dan Lelong Pontianak (KMK UNTAN), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Himpunan Mahasiswa Papua di Pontianak (HIMAPA) FMN, melaksanakan aksi penggalangan dana bagi wargaa terdampak banjir di Kota Jayapura. “Penggalanagan dana dilakukan untuk korban yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa warga Kota, Jayapura, […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa -Doc. KEPSEK
Berita Meepago Penkes

Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa

Nabire, Suara Mee – Kepala sekolah SD INPRES Bukapa, Saul Iyai membagikan baju batik sebanyak 324 buah kepada seluruh siswanya. Pembagian tersebut dilakukan bersama guru-guru pada Kamis (20/01) pagi di ruangan SD INPRES Bukapa, kaki gunung Pouya, Lembah Kamuu, Dogiyai. Saul Iyai mengatakan pembagian baju batik berwarna biru putihtersebut dengan maksud memberikan motivasi kepada seluruh […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More