IPPMAPUT Kota Nabire Diajak Bisa Bersaing Di Era Global

NABIRE, SUARA MEE – Ikatan Pemuda Pelajari Mahasiswa Paniai Utara gelar seminar sehari bertempat di Auditorium Asrama Paniai X Bobo Nabire papua Juma’t 01 Oktober 2021. Seminar sehari yang di gelar merupakan salah satu progaram kerja dari Badan Pengurus Ikatan Pemuda Pelajari Mahasiswa Paniai Utara dengan moto “Berat Bersama Di Pikul, Ringan Sama di Jinjing.”

Penyaji Materi pada kesempatan diskusi tersebut Martinus Tekege, menyampaikan materi terkait dengan “Perkembangan Teknologi”. Di era perkembangan teknologi ini wajib bagi setiap orang untuk memahami penggunaan teknologi dan manfaat serta tujuannya.

“Bagi mahasiswa dan mahasiswi haru bisa menguasai teknologi. Dan belajar dimana saja. Mahasiswa yang belum memahami teknologi agar segera mendaftarkan di kursus atau kepada senior yang memahami teknologi mengoperasikan computer pemasangan Jaringan, dan Exsel dan Lain-Lain,” katanya.

Dalam pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Benni Degei dengan thema “Bagimana Generasi Berperang Dengan HIV/AIDS”. Dalam penyampaiannya degei mengatakan banyak orang papua meninggal karena HIV/AIDS.

“Penyebab penularan HIV/AIDS itu karena seksual bebas sehingga virus HIV/AIDS Bisa menular. Sehingga saya berpesan kepada mahasiswa gar gunakan waktu Jangan untuk hal hal negative tetapi bagaimana kalian memanfaatkan waktu untuk belajar agar bisa bersaing diera teknologi,” katanya.

Sementara itu Yulian Degei dalam sajian materinya yang bertajuk “Berperang Serta Mahasiswa mangurangai ancaman dari Narkotika”. Ia, menjelaskan narkotika membahayakan bagi tubuh dan generasi berikut maka, kita sebagai orang tua harus mejaga anak dari segala keramaian.

“Sebab anak anak terjerumus karena tidak dikontrol oleh orang tua mereka. Kita akan tertinggal dari kemajuan kalau kita tidak memerhatikan mereka menjaga mereka,” katanya.

Reporter : Akulian Bukai Yeimo
Editor : Hengky Yeimo

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *