Mantan Bupati Wafat, Yahukimo Kembali Ricuh

Jayapura, SUARA MEE – Yahukimo kembali terjadi aksi menyerang dari suku kimyal kepada suku yali yang dipicuh oleh meninggalnya mantan bupati yahukimo Abock Busub MA periode 2016-2021 di salah satu hotel, Jakarta pada pukul 11 siang lewat, minggu (03/10/2021) dini hari.

Menurut laporan yang diterima media ini, bahwa mantan bupati yahukimo tersebut meninggal tanpa diduga dari sakit manapun. Dan kerusuhan pun terjadi pada pukul 12 siang lewat, usai pihak keluarga almarhum menerima laporan berpulangnya beliau dari Jakarta. Hal ini dikatakan oleh Nando Kobak Sekretaris Umum Komunitas pelajar Mahasiswa Yahukimo (KMY) kepada awak media Suarameepago saat dihubungi via telepon seluler, pada Minggu, (03/10/2021).

Menurutnya, “karena mendapat informasi kepergiannya mengarah pada propoganda oleh orang lain sehingga mereka membawah perkiraan isu politik yang kemarin terjadi di kabupaten yahukimo, membuat masyarakat dari suku Kimyal ada kecurigaan meninggalnya almarhum bapak Abock busub dilakukan melalui kepentingan politik”, Ungkapnya.

Namun tetapi realitanya tidak”, Nando membenarkannya. Lanjutnya, dirinya mengatakan bahwa realitanya karena dia tidur terus. Jadi kejadiannya bukan karena pemilihan daerah di beberapa waktu lalu. Mungkin dari insiden mana kami belum tahu hingga kini. Beliau juga meninggal bukan karena apa, tetapi menurut informasi yang kami dapat di komunitas adalah, kemarin dia pulang ke hotel itu tidur terus tidak bangun, hingga sampai jam 11, sehingga terjadi pendobrak pintu hotel, namun beliau akhirnya wafat”. Jelasnya.

Menurutnya, kerusuhan yang terjadi di Yahukimo adalah karena adanya kecurigaan-kacurigaan yang muncul dipihak almarhum atau suku Kimyal akhirnya membuat menyerang dan membakar rumah milik warga suku Yali dikabupaten Yahukimo. Kemudian ada bebarapa penyerangan di dua gedung gereja GIDI, yaitu Beraza dan juga gereja even-hastia dilakukan pada saat jemaat sedang beribada”. Tuturnya.

Kemudian, dirinya mengatakan tidak hanya rumah yang diberangus, namun lanjutnya, dari kerusuhan tersebut diduga ada beberapa korban yang berjatuhan. Dimana dalam insiden tersebut diantarana sekian orang terluka dan sedang dirawat dirumah sakit Dekai Yahukimo dan 4 orang meninggal dunia”. Tutupnya.

Reporter: Jeffry Y. Badii
Editor :–

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *