Mama-Mama Penjual Noken dari Nabire bersama Tuju komunitas selenggarakan berbagai kegiatan

Jayapura, Suara Mee – Dalam rangka menyediakan ruang berdagang noken untuk Mama Mama Papua yang berasal dari Wilayah Budaya Meepago, beberapa organisasi yang tergabung dalam komunitas Muda Nabire di Kota Jayapura, menyelenggarakan Basar Noken Mama-Mama Papua.

“Kegiatan tersebut ini berlangsung dari pukul 15 :00- 22 : 47 malam. Untuk memeriahkan kegiatan ini, adapun kegiatan yang diselenggarakan diantaranya,Diskusi buku “Terbanglah cenderawasi” bersama penulisnya Aleks Giyai, Akustik, Fashion show Noken, Karoke live, dll,” kata penanggungjawab kegiatan Julexsi Kayame saat diwawancarai suarameepago.com, senin (11/102021).

Disela sela kegiatan tersebut, selaku pelaksana dan juga sebagai penanggungjawab Kayame mengatakan, Melalui kegiatan ini mau memberikan ruang kepada mama-mama saja. Namun ruang ini dibuka bukan sekedar berdagang tetapi bagaimana anak-anak muda berekspresi.

“Kami di Asnab sendiri memberikan ruang. Karena itu, ini sudah mereka punya tempat. Jadi mama-mama mereka datang jualan di anak-anaknya punya tempat,”katanya.

Disamping itu badan pengurus Asnab Melvin Tibakoto sudah kami komunikasikan, dan ia dengan relah membuka diri dan menerima. Sekaligus memperlihatkan kepada pemerintah bahwa kondisi asram sudah demikian.

“Kami akan melakukan kegiatan-kegiatan yang serupa untuk menggonceng perubaha-perubahan tidak untuk memberikan dampam positif secara ekonomi tetapi lebih ke dimana mereka bisa menceritakan ekspresi mereka. Selain mereka berjualan, kami memberi mereka ruang untuk berekspresi dan ini juga merupakan suatu kerinduan dari semua komunitas yang tergabung dalam acara ini,” Pesannya.

Terpisah dar itu, Hanna Kotouki salah satu mama pedagang noken mengatakan, rombongan Mama Mama berterimakasi kepada anak-anak mahasiswa/i di kota Jayapura, dimana bersama organisasi dan Komunitas serta asrama Nabire.

“Walau asramanya sudah lapuk dan tidak memungkinkan untuk dihuni, namun telah menyediahkan tempat untuk kami menjual noken. Puji Tuhan Kami sangat merasa bersyukur, bahwa karena dengan kesediaan mereka, maka mama-mama bisa berjualan noken ditempat ini. Dan dari hasil jualan tersebut hari ini, akan membantu kami dalam mencukupi kebutuhan makan minum kami selama beberapa hari kedepan di Jayapura,”katanya.

Reporter : Jefri Badi
Editor : Hengky Yeimo

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *