LP3BH : Apresiasi Pembahasan (Raperda) Non APBD oleh DPR PB

Jayapura, Suara Mee – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari mengapresiasi telah dibahasnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Non APBD oleh Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Barat (DPR PB) yaitu Raperda tentang Komisi Hukum Ad Hoc.

“LP3BH Manokwari telah membantu merumuskan naskah akademi (academic drafting) serta naskah hukum (legal drafting) dari Raperda pembentukan Komisi Hukum Ad Hoc tersebut. Selanjutnya telah diserahkan kepada pemerintah daerah Provinsi Papua Barat melalui Biro Hukum Sekretariat Daerah (Setda),” katanya kepada Sauara Mee melalui Pesan singkatnya, Jumat (12/10/2021).

Sehingga LP3BH Manokwari bersama masyarakat sipil di Tanah Papua sangat senang jika Raperda mengenai Komisi Hukum Ad Hoc ini terbentuk sesuai amanat pasal 32 dari UU No.21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

“Dalam pasal 32 disebutkan pada ayat (1) bahwa dalam rangka efektifitas pembentukan dan pelaksanaan hukum di Provinsi Papua, dapat dibentuk Komisi Hukum Ad Hoc. Lalu di ayat (2) disebutkan Komisi Hukum Ad Hoc sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang fungsi, tugas, wewenang, bentuk dan susunan keanggotaannya diatur dengan Perdasi (Peraturan Daerah Provinsi),” katanya.

Warinussy mengatakan, Kemudian di dalam penjelasan pasal 32 ayat (1) disebutkan pembentukan Komisi Hukum Ad Hoc dimaksudkan untuk membantu tugas Gubernur, DPRP, dan MRP dalam menyiapkan rancangan Perdasus dan Perdasi sebagai tindak lanjut pelaksanaan Undang Undang.

“Degan demikian LP3BH Manokwari melihat betapa pentingnya kehadiran Komisi Hukum Ad Hoc ini di Provinsi Papua Barat untuk membantu Pemerintah Daerah Provinsi,” katanya.

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Rapat Terbuka IPPMMARPUT Se-INDONESIA
Berita Meepago Penkes

Alpons Yeimo ditunjuk Sebagai Ketua Panitia Musyawarah IPPMMAPUT Se-Indonesia

Paniai, Suara Mee – Berdasarkan Rapat Umum Terbuka Ikatan Pemuda pelajar Mahasiswa/I dan masyarakat Paniai Utara ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia Alpons Yeimo didaulat sebagai Ketua Panitia penyelenggara musyawarah yang pertama ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia. Hal itu disamapaikan Ketua Tim penggerak Menaken Gobai, usai diselenggarakan rapat umum di SMK Yamewa Enarotali Paniai, Sabtu (15/01/2021). Gobai mengatakan, rapat umum ini diselenggarakan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua
Berita Lingkungan Mamta

AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua

Paniai, Suara Mee – Komonitas Mahasiswa Katolik Untan dan Lelong Pontianak (KMK UNTAN), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Himpunan Mahasiswa Papua di Pontianak (HIMAPA) FMN, melaksanakan aksi penggalangan dana bagi wargaa terdampak banjir di Kota Jayapura. “Penggalanagan dana dilakukan untuk korban yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa warga Kota, Jayapura, […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa -Doc. KEPSEK
Berita Meepago Penkes

Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa

Nabire, Suara Mee – Kepala sekolah SD INPRES Bukapa, Saul Iyai membagikan baju batik sebanyak 324 buah kepada seluruh siswanya. Pembagian tersebut dilakukan bersama guru-guru pada Kamis (20/01) pagi di ruangan SD INPRES Bukapa, kaki gunung Pouya, Lembah Kamuu, Dogiyai. Saul Iyai mengatakan pembagian baju batik berwarna biru putihtersebut dengan maksud memberikan motivasi kepada seluruh […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More