IPPMMAPI Memperingati 60 Tahun Kemerdekaan Papua Barat

Jayapura, Suara Mee – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Masyarakat Piyayita (IPPMMAPI) Jayapura, Memperingati Kemerdekaan Papua Barat ke 60 Tahun, 1 Desember 2021 di Sekretariat Kota Raja dalam, Rabu, (01/12/2021)

Mewakili Badan Pengurus IPPMMAPI Agustinus Yumai mengatakan, “kami mahasiswa Piyaiyita merayakan Embrio West Papua. Dan, Hari ini menjadi hari spesial bagi bangsa West Papua,” katanya.

Sejak tahun 1961 kolonialisme Indonesia melakukan penipuan terhadap orang asli Papua bekerja sama dengan pemerintah Belanda, padahal Papua sudah merdeka pada 1 Desember 1961 hingga hari ini sudah 60 Tahun orang Papua peringati.

Yumai mengatakan, “maka itu kami sebagai orang Papua merasa tanggal 1 ini menjadi hari kemerdekaan bagi kami bangsa Papua. Untuk itulah kami selalu peringati hari Kemerdekaan West Papua ini,” jelasnya.

“Kami minta kepada Kolonial Indonesia segera pengakuan kepada sekjen PBB untuk penentuan nasib sendiri bagi bangsa West Papua,” tegasnya.

Ia harapkan supaya kita bangsa Papua tetap bertahan untuk berjuang sampai Papua merdeka.

Mewakili anggota IPPMMAPI Oktovianus Kudiai mengatakan, “Kami Mahasiswa Piyaiyita Jayapura, kembali memperingati hari kemerdekaan bangsa west Papua 1 Desember 2021. Kami awali dengan bakar batu sebagai pesta budaya dan doa singkat secara bersama,” jelasnya.

Kudiai mengatakan, “TNI POLRI sedang Operasi di beberapa kabupaten dan wilayah Papua. Masih melakukan Pelanggaran Ham Berat di Papua untuk itu Kami minta segera tarik militer dari Papua, karena Masyarakat dan orang tua kami sedang mengungsi baik di Nduga, Intan Jaya, Maybrat, dan Pengunungan bintang. Bahkan mereka merayakan 1 Desember hutan belantara, ” tegasnya.

“Sebagai pengakuan kami, maka Kami IPPMMAPI Jayapura telah merayakan 1 Desember 2021 sebagai hari ulang tahun kemerdekaan bagi bangsa West Papua” Pungkasnya.

Reporter: Semuel Nawipa
Editor: Admin

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

'Yo Miye' (Istri-Istri) Kepala Sukudan juga ikatan-ikatan Perempuan di Kampung Yakonde yang akan Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI (Irfan/Lintas Papua)
Berita Mamta Tanah Papua

‘Yo Miye’ Kampung Yakonde Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI

SENTANI Suara Mee – Ondoafi Kampung Yakonde, Nicolas Daimoe melalui juru bicaranya, Kepala Suku Douge Imea, Donald Tungkoye, kepada Tim Media Center dan Publikasi KMAN VI menyampaikan, masyarakat di Kampung Yakonde sangat bersyukur bisa menjadi salah satu titik lokasi atau kampung yang dipilih sebagai tempat serasehan dan tempat penginapan sebagian peserta KMAN VI 2022. “Kami […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Penetapan Tarif Baru Angkutan Umum Memperhatikan Kemampuan Masyarakat

Jayapura Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat akan mengumumkan tarif baru angkutan umum, pasca kenaikan harga BBM jenis pertalite yang diputuskan Pemerintah Pusat baru-baru ini akibat imbas kenaikan harga minyak dunia. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad memastikan penyesuaian tarif baru angkutan umum akan tetap memperhatikan kemampuan masyarakat. […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Hati-Hati Hoax Pemecah Belah Lewat Medsos

Jayapura, Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua mengimbau warga di wilayahnya untuk mewaspadai hoax (berita bohong) pemecah belah kesatuan bangsa yang belakangan ini disebar lewat media sosial (medsos). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto, di Jayapura, Selasa (20/9/2022). Jeri mengharapkan masyarakat pro aktif mengecek kebenaran dari setiap informasi […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More