Foto Dok. Pribadi, Senioritas RPM Simapitowa yang juga Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Yanus Kuaiyo

 

Jayapura, Suarameepago.com – Senioritas RPM Simapitowa yang juga Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Yanus Kuaiyo mengajak, Rumpun Pelajar Mahasiswa (RPM) Siriwo, Mapia, Piaiye, Topo, Wanggar, (Simapitowa) di Kota Study Jayapura untuk belajar menulis, membaca buku dan mengalisah persoalan sosial.

 

Yanus Kuaiyo mengatakan, biro Pendidikan dan Penalaran RPM Simapitowa dapat melatih Anggotanya untuk menulis dengan cara menertbitkan majalah Simapitowa.

 

“Majalah tersebut dapat di terbitkan se-tahun dua kali. Target kita bulan juni majalah Simapitowa akan terbit dan  kedua akan terbit bulan November awal, sebab dengan demikian mahasiswa dapat aktif dalam berbagai hal,” kata Yanus Kuaiyo, saat bertemu mahasiswa di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Selasa (12/03/2019).

 

Yanus mengatkan, program ini harus menjadi kesepakatan bersama. Dan program ini harus dijadikan prioritas selama kepengurusan yang berjaalan ini.

 

“Saya sangat prihatin sekali, jika saya tidak sponsor majalah Simapitowa, dengan melihat perkembangan adik-adik di organisasi RPM Simapitowa ini. Karena ciri ciri orang terpelajar harus mampu melihat, menganalisah dan menuangkan dalam tulisan untuk  merumuskan masalah-masalah yang terjadi di Papua,”katanya.

 

Yanus mengatakan, dirinya menilai dan melihat adik-adik Simapitowa yang memosting tulisan-tuliasan di media sosial terkait kepentingan organisasi maupun masalah-masalah yang terjadi ini, tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik.

 

“Sehingga saya menilai adik-adik RPM Simapitowa untuk belajar menulis dan mampu menganalisa segala sesuatu yang terjadi untuk dituangkan dalam tulisan. Selama ini tidak ada satupun yang menonjol  untuk itu adik adik bisa menerbitkan majalah RPM SIMAPITOWA se-tahun dua kali,” katanya.

 

Yanus mengatakan, mulai sekarang jangan  diskusi saja. Tetapi saat ini juga harus bisa menulis, agar harapan ini terwujud sesuai target.

 

“Mulai pertemuan ini keatas mulai kerja. Saya pesan untuk pengurus Simapitowa menertbitkan SK pengurus Redaksi Majalah Simapitowa. Agar kalian bisa mengengola majalah ini dengan baik kedepan,” katanya.

 

Sementara itu Emanuel Petege mewakili orang tua mengapresiasi usulan yang baik. Program ini penting untuk menunjang wawasan pelajar mahasiswa melalui menulis.

 

“Dirinya bersedia untuk  bergabung selama program ini berjalan dalam hal membantu memotivasi agar mahasiswa tidak mengelu di dunia menulis,” katanya. (Efendi Minai/SM).

 

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *