Foto Ist. Ketua KPU Intan Jaya Krismas Bagau

 

Nabire, Suarameepago com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Intan Jaya, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan simulasi pemungutan, perhitungan serta rekapitulasi suara  bagi anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang diikuti oleh seluruh peserta selama dua hari (11-12, februari), diaula Maranata Malompo Nabire.

 

Ketua KPU Intan Jaya, Krismas Bagau, mengatakan bahwa PPD dan PPS, adalah penyelenggara Pemilu dan merupakan perpanjangan tangan dari KPU, dalam mensukseskan Pemilu 17 april 2019 nanti.

 

“Kita ini penyelenggara, bukan peserta pemilu. Sehingga partisipasi teman – teman dalam mererima materi yang diberikan harus diterapkan dalam pelaksanaan di lapangan nanti demi menyuklseskan pemilu di Intan Jaya,” ujar Krismas Bagau di Nabire . Selasa (12/03/2019).

 

Menurut Bagubau, Bimtek bukan sekedar acara seremonial, tetapi sangat bermanfaat bagi penyelenggara dalam melaksanakan tugasnya. Sebab Kata dia, potensi konflik di Intan Jaya cukup tinggi. Namun pihaknya yakin dalam, pelaksanaannya nanti akan berjalan aman dan lancar.

 

“Ada potensi konflik, namun saya yakin semua akan berjalan aman. bimtek bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para anggota PPD dan PPS terpilih, agar nantinya mereka paham tugas, pokok dan fungsi. Jadi jika pelaksanaan aman, lancar maka tentu potensi itu dengan sendirinya tidak akan ada,” katanya.

 

Menurut Krismas, bimtek tersebut adalah agenda pertama yang dilakukan pihak KPU di Nabire. Namun setelah ini, sosialisasi dan kegiatan seterusnya akan di lakukan di Intan Jaya.

 

“Baik kepada partai politik maupun masyarakat, serta bakal calon,” terangnya.

 

Krismas Menjelaskan, DPT Jumlah pemili, sebanyak 85.340 orang dengan rincian, Pria 45.277 0rang dan wanita 40.063 0rang. Terdapat delapan Distrik, 97 kampung dengan 332 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

 

“Sedangkan jumlah total penyelenggara sebanyak 2.655 orang dengan rincian adalah PPD 40 orang, PPS 291 orang dan KPPS 2.324 orang,”

 

Dia berharap, kepada seluruh peserta bimtek agar mengikuti dengan baik, paham akan tugas dan tanggung jawabnya. “Saya harap. Peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik dan benar dan saya yakin pemilu di Intan jaya sukses dilaksanakan,” harapnya.

 

Seorang peserta, Deselinus Tipagau mengatakan dari bimtek yang diikuti, telah mendapatkan tahapan beberapa materi tentang pelaksanaan dan perhitungan penyelenggaraan pemilu 2019.

 

‘Dan ini sangat bagus agar kami lebih paham sehingga pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar,” terangnya.

 

Kata Tipagau, materi yang diperolah dalam bimtek tersebut, tentang tata cara pencoblosan dan teknisi pelaksanaan dalam PPS dan PPD.

 

“Kami sudah siap untuk melaksanaan tugas di hari H nanti,” ujarnya. (Admin/SM)

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *