Foto Ist. Taman di kota Jayapura

 

Jayapura,  Suarameepago com- Kordinator Bidang Pengkajian Dewan Perwakilan Daerah  Komite Nasional Pemuda  Indonesia (DPD-KNPI) Provinsi Papua, Yoan Alfredo Wambitman mengatakan, taman taman kota di Jayapura harus dirawat rutin oleh OPD-OPD tehnis serta BUMN BUMD yang telah di percayakan oleh pemerintah kota Jayapura.

 

Yoan mengatakan, Sekaran kota Jayapura berkembang ke arah kota metropolitan. Salah satu syarat menuju kota metropolitan ialah penataan kota yang baik. Didalamnya harus tersedia taman kota, taman bermain anak guna dapat dimanfaatkan oleh warga Kota Jayapura.

 

“Pembuatan dan Perawatan  taman kota di Jayapura, sudah sangat baik. Apabila ada antusias dari pihak-pihak diatas. Pada masa periode pertama Wali Kota Jayapura perawatan taman nampak. Sekarang masuk di periode kedua kepemimpinan beliau tidak terlihat adanya perawatan taman-taman kota oleh pihak-pihak berwewenang,” kata Yoan kepada, awak media, Jumat (24/1/2019).

 

Yoan mengatakan, Selain perawatan taman perlu juga penambahan taman baru di kota untuk di kelola. “Oleh sebab itu kami meminta kepada pemerintah kota untuk mengangarkan yang cukup  melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada untuk lebih serius melihat hal ini. Bila perlu untuk pemuda atau OKP juga ada,” katanya.

 

Lanjut Yoan, Kalau dilihat dari efektifitas dan ruang lingkup agar pemerintah menganggarkan anggaran juga ke distrik, kelurahan biar lebih terfokus ke wilayah pemerintahan terkecil untuk mengurusi taman taman kota.

 

“Pemerintah kota juga meminta peran serta dari pelaku usaha untuk memberikan kontribusi tidak hanya pajak. Tetapi ikut mengambil bagian dalam menata kota lebih indah. Melalui pembangunan dan perawatan taman-taman kota melalui dana CSR yang dimiliki. Sehingga pemerintah tinggal melakukan pengontrolan saja. Hal ini juga penting agar Kota Jayapura menjadi kota  yang indah, nyaman, bersih untuk menyambut para atlit yang datang untuk mengikuti PON 2020  di Tanah Papua,” katanya.

 

Sementara itu salah seorang masyarakat, Arche Seipatiratu mengatakan, pemerintah kota Jayapura sudah melakukan semua baik dari pengelolaan pemerintahan maupun Tama taman kota.

 

“Oleh sebab itu tugas masyarakat menjaga taman taman kota Jayapura. Jika ada kotoran sampah masyarakat haru menyadari dan membuang pada tempatnya,” katanya. (Wiyai/SM)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *