Cp: Tim KNPI untuk penanggulangan bencana di Sentani-(Ugiwiyai/SM)

 

Sentani, Suarameepago.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lakukan survei langsung dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengeluhkan bantuan buku tulis dan bagi anak anak mereka. Diakui ketua DPD KNPI Papua Albertho G Wanimbo di Posko Kemanusiaan Peduli Bencana Sentani, di Yahim, Kamis, (28/3/2019).

Albert Wanimbo mengatakan, dari hasil survei tim KNPI di lapangan, masyarakat sekarang lagi membutuhkan buku tulis dan baju seragam bagi anak – anak mereka, juga air minum.

“Dari hasil survei kami masyarakat suda tidak berfokus pada makanan. Tetapi kebutihan buku tulis dan baju seragam anak – anak, juga air minum itu yang kami tekukan di sekiran doya, semntara untuk di Danau mereka butuh kompor air bersih dan kebutuhan lainya,” ujarnya.

Salah satu korban Mama Rafael mengatakan, bantuan ini sangat membutuhan butu tulis dan baju seragam karena anak – anak belum memiliki pakaian untuk ke sekolah.

“Makanan Alhamdulillah suda lebih dari cukup yang kami butuhkan sekarang itu, buku tukis dan seragam untuk anak – anak kami juga air minum dan alat berat pemerintah bisa bantu untuk mengali rumah kami yang tertimbun di doyo baru sini,” jelasnya di dukung para korban lainya.

Sementara itu Koordinator Logistik Tim Peduli Bencana Sentani KNPI Papua Panji A. Mangkunegoro mengatakan, dalam kunjugan KNPI telah drop ke doyo berupa bantuan minyak tanah, beras, piring – piringn baju layak pakai dan buku tulis dan air bersih.

“Jadi kita tidak kopi paste di teman lain tapi kita turun langsung ke masyarakat. Tetapi mereka butuh baju sekolah dan buku tulis dan pemda diminta bantu alat berat,” ujarnya.

Dikatakan, sesuai hasil survei tiga tim kita akan juga bantu sesuai kemampuan di Kampung Yoboi, Ayapo dan lainya.

“Kebutuhan dasar mereka adalah susuh  tapi kami masih kurang, kasur, selimut, tempat air dan pakaian bayi dan ada juga merek butuh Kompor obat – obatan dan air bersih, dan ini tidak bisa kami tangani  sediri, maka kita bangun koordinasi dengan pemda di Gunung merah,”.

Sementara itu Koordinasi Aksi Pengulangan Bencana DPD KNPI Perius Kogoya mengajak masyarakat dan pemuda Papua untuk sama – sama bergerak melihat masyarakat di pingiran danau yang terendam karena mereka lebih membutuhkan bantuan.

“Kami imbau kepada seluruh pengurus DPD I dan DPD II juga seluruh pemuda -pemudi di Papua serta masyarakat dari semua komponen untuk bisa turut mengambil bagian, karena sampai saat ini masyarakat belum terlayani dengan baik di sekitaran danau dari posko umum, maka kita minta masyarakat dan pemuda – pemuda untuk berperan melakujan survei lapangan demi kemanusiaan,” jelasnya.

Sementara itu kata dia masyarakat juga mengaku surutnya air danau bisa mencapai satu tahun maka masyarakat bertumpuk di satu titik dan ini harus ada perhatian semua pihak selama menun danau ini surut.

“Bagaimana caranya kita harus kerja sama mereka ini saudara kita, teman – teman pemuda kita hadir untuk mereka, karena bangunan mereka suda tengelam,” katanya. (Ugiwiyai/SM)

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *