Masyarakat di pinggir Danau Sentani masih kesulitan air bersih

Masyarakat di pinggir Danau Sentani yang memanfaatkan air tanki PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih – Jubi/Engel Wally

 

Sentani, Suara Meepago. com– Sebagian masyarakat di pinggir Danau Sentani hingga saat ini belum mendapat akses layanan air bersih untuk kebutuhan hidup setiap hari.

Kampung Yahim salah satunya. Ada sejumlah tanki pengisian air bersih yang disiapkan untuk kebutuhan masyarakat pasca naiknya air Danau Sentani. Tetapi juga ada tanki air yang sudah dibuat dengan memanfaatkan air PDAM.

“Untuk air PAM sudah tidak berjalan sejak bencana. Jatah tanki air minum ini sudah beberapa minggu ini tidak diisi lagi. Sementara air bersih sangat dibutuhkan setiap saat, untuk makan dan  minum,” ungkap Frederika Felle, warga masyarakat, saat ditemui di Dermaga Kampung Yahim, Selasa (25/6/2019).

Dikatakan, pasca bencana, pihak PDAM dengan fasilitas mobil tanki setiap dua hari sekali datang mengisi tanki air di kampung tersebut. Termasuk dari BPBD juga datang mengisi tangki air.

“Ada dua tanki besar yang biasa digunakan masyarakat mengambil air bersih untuk kebutuhan hari-hari. Kita berharap pihak PDAM juga bisa secepatnya memperbaiki jaringan air bersih supaya aliran air bisa turun sampai ke Kampung Yahim,” harapnya.

Hal senada disampaikan Yosua Sokoi, warga Makhendang Kelurahan Hinekhombe Sentani. Dia mengatakan air PDAM sudah tidak berjalan sejak bencana banjir melanda Kabupaten Jayapura.

“Kami di sini memang tidak terdampak banjir, tetapi terdampak air bersih. Setiap hari hanya dengan memanfaatkan air galon yang kita pesan mencapai 10-20 galon atau pesan tanki air dengan membayar Rp150 ribu. Sampai kapan PDAM ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya. (Admin SM/Jubi.co.id)

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Rapat Terbuka IPPMMARPUT Se-INDONESIA
Berita Meepago Penkes

Alpons Yeimo ditunjuk Sebagai Ketua Panitia Musyawarah IPPMMAPUT Se-Indonesia

Paniai, Suara Mee – Berdasarkan Rapat Umum Terbuka Ikatan Pemuda pelajar Mahasiswa/I dan masyarakat Paniai Utara ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia Alpons Yeimo didaulat sebagai Ketua Panitia penyelenggara musyawarah yang pertama ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia. Hal itu disamapaikan Ketua Tim penggerak Menaken Gobai, usai diselenggarakan rapat umum di SMK Yamewa Enarotali Paniai, Sabtu (15/01/2021). Gobai mengatakan, rapat umum ini diselenggarakan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua
Berita Lingkungan Mamta

AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua

Paniai, Suara Mee – Komonitas Mahasiswa Katolik Untan dan Lelong Pontianak (KMK UNTAN), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Himpunan Mahasiswa Papua di Pontianak (HIMAPA) FMN, melaksanakan aksi penggalangan dana bagi wargaa terdampak banjir di Kota Jayapura. “Penggalanagan dana dilakukan untuk korban yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa warga Kota, Jayapura, […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa -Doc. KEPSEK
Berita Meepago Penkes

Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa

Nabire, Suara Mee – Kepala sekolah SD INPRES Bukapa, Saul Iyai membagikan baju batik sebanyak 324 buah kepada seluruh siswanya. Pembagian tersebut dilakukan bersama guru-guru pada Kamis (20/01) pagi di ruangan SD INPRES Bukapa, kaki gunung Pouya, Lembah Kamuu, Dogiyai. Saul Iyai mengatakan pembagian baju batik berwarna biru putihtersebut dengan maksud memberikan motivasi kepada seluruh […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More