PON Papua Versus Situasi Terkini Di Papua Barat.

Oleh:Mikael Gobai

Refleksi pendekatan analisis penderitaan tuan rumah.

Sebagai dasar pemikiran bagi rakyat derita atau orang asli Papua saat ini mempunyai pertimbangan yang matang dan mendalam tentang fakta situasi yang di alami oleh orang asli Papua barat bahwa sejak melahirkan manifesto politik yang memang terkenal di dunia internasional namun sampai saat ini masih hidup dalam proses berbagai macam jenis pokok permasalahan yang dihadapi,oleh sebab itu,rakyat yang sedang menderita atau rakyat tersalib Papua mengharapkan kepada elit lokal Papua bahkan elit pusat harus dilakukan pendekatan analisis dalam pengadakan PON 2020 bagimana berfikir soal tuntas berbagai persoalan yang masih alami oleh rakyat tersalib Papua sampai saat ini seperti,diskriminasi,persekusi, penculikan sampai pembunuhan terhadap orang asli Papua , pertimbangan perpanjangan dan serta penolakan oleh orang asli Papua persiapan pelaksanaan kegiatan olahraga di tahun ini di Papua,memang tidak ada gunanya bagi orang asli Papua sebab,sejak melahirkan ide pekan olahraga Nasional Papua , berbagai sumber dana yang telah di potong untuk persiapan PON XX itu sendiri, sehingga semua pembangunan kabupaten bahkan provinsi se Papua telah gagal .

Maka dengan itu, apa gunanya PON XX ini bagi orang asli Papua , sebenarnya hal tidak ada mamfaatnya bagi orang asli Papua oleh sebab itu , jika pemerintah daerah provinsi Papua dan pemerintah pusat ingin merealisasikan program perencanaan pemerintah lebih awal pemerintahan harus berfikir bahwa bagaimana mencari solusi persoalan Papua barat ,agar Papua aman, Indonesia aman serta dunia aman .

Pertimbangan perlawanan oleh orang asli Papua dalam perencanaan pelaksanaan kegiatan Pekan olahraga Nasional di Papua memang sangat sulit karena , orang asli Papua sebagai tuan rumah mengalami peningkatan nilai kriminalitas .

Maka dengan itu,pemerintah daerah provinsi Papua dan pemerintah pusat Jakarta jangan pernah mencoba PON ini di lakukan secara pendekatan analisis militeristik, karena tuan rumah dengan persatuan suara bulat siap untuk di tolak soal PON bergulir di Papua.

Jika pemerintah daerah provinsi Papua ingin merealisasikan program perencanaan PON ini maka perlu dilakukan penyelesaian kasus kasus yang ada di Papua yang sudah memakan banyak korban,dan saat ini pun masih berlanjut baik itu Nduga,Intan jaya dan beberapa daerah di tanah Papua.

Pekan olahraga Nasional di Papua memang sangat tidak berguna bagi orang asli Papua.

Sebagai dasar pemikiran bagi orang Papua secara tegas di tolak soal PON di Papua , mari kita simak ilustrasi di bawah ini bahwa tim penyelenggaraan saja masih banyak wajah putih ( pendatang) .
Apakah pendatang berpandangan terhadap orang asli Papua itu bodok ?

Hal itu lah yang menjadi bahan produktif dalam menganalisis sebagai salah satu dari berbagai permasalahan yang dihadapi oleh orang asli Papua mulai dari sejak beraneksasi Papua kedalam Indonesia oleh negara dan kaum kepentingan ekonomi di Papua .

Rakyat Papua di seluruh Tanah Papua secara menyeluruh harus nyatakan sikap penolakan untuk pelaksaaan PON Ini.

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Berita Tanah Papua Uncategorized

Pemprov buatkan Intruksi untuk mewajibkan “Lada” di putar di tempat tempat umum

Jayapura,Suara Mee – Sekertaris Dewan Adat Papua (DAP) John Gobay mengatakan, pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban menginstruksikan pada hari tertentu (Ditentukan oleh Gubernur Papua) untuk memutar lagu lagu daerah (Lada) dari seluruh Tanah Papua. “Kalau kami berjalan di daerah lain seperti di jogja,solo,salatiga dsb. Kami dapat mendengarkan lagu-lagu daerah. Kita tinggal di Papua […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Mamta Meepago Tanah Papua

Penentuan Wagub, Gubernur Jangan Pilih Satu Kabupaten

Jayapura, Suara Mee – Mahasiswa dari wilayah adat Meepago menilai jika Gubernur Papua Lukas Enembe memilih Calon Wakil Gubernur dari satu Kabupaten asal, jelas gubernur terapkan Sistim Dinasti Satu Wilayah. Hal ini ditegaskan aktifis mahasiswa Meepago,  Apniel Doo mereka menilai, Kehidupan sosial, kekeluargaan, keserasian hidup bagi warga di Papua sangat unik dan perlu di lestarikan. […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Bomberai Tanah Papua

Pemuda Pemudi Jemaat Koya Meii Belajar Menulis

Manokwari, Suara Mee – Pemuda-pemudi Gereja Kemah Injil Kingmi Papua, Klasis Persiapan Manokwari Papua Barat, Jemaat Koya Meii, melakukan seminar dengan tema pemuda pemudi belajar menulis. Bersamaan dengan ibadah pemuda berlansung dalam gedung Gereja pada Minggu (25/07/2021) Pukul 16:00 WPB – Pukul 19:00, Amban Manokwari, Papua Barat. Setelah seminar Ketua Pemuda Naftali Gobai dalam pengumuman […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More