Pelanggaran HAM Papua Belum Mampu Diselesaikan Pemerintah dan Penegak Hukum

Manokwari,Suara Mee–Ketua Pansus Papua DPD Republik Indonesia Filep Wamafma menyatakan bahwa ada Pelanggaran berat Hak Asasi Manusia (HAM) di tanah Papua yang belum mampu diselesaikan oleh pemerintah Pusat dan penegak hukum.

“Yang jelas ada sejumlah fakta pelanggaran HAM berat di tanah Papua yang belum diselesaikan,” sebut Filep Wamafma dalam wawancara khusus saat Pansus Papua berkunjung ke Manokwari, Papua Barat, belum lama ini.

Filep menyampaikan bahwa sesuai data kasus pelanggaran HAM berat yang disampaikan secara terbuka oleh Komnas HAM Republik Indonesia dan berdasarkan fakta penyelidikan mereka ada di Wamena, Biak, Paniai di provinsi Papua, dan Wasior Berdarah di Provinsi Papua Barat.

Lebih lanjut, Filep menjelaskan kalau berkas dokumen pelanggaran HAM, khususnya di Wamena dan Wasior sempat diajukan oleh Komnas HAM bersama advokat HAM ke Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia untuk mencari keadilan.

Akan tetapi berkas tersebut dikembalikan dengan alasan belum cukup alat bukti. Padahal fakta dari Komnas HAM sangat jelas tetapi dimaklumi karena Komnas HAM bukanlah lembaga pengambilan keputusan.

situs
suarameepago
suaramee

Meski demikian diakui Filep bahwa ada upaya dari Komnas HAM yang sudah berjalan dengan harapan bisa mendapat keadilan di Kejagung.

Dirinya kembali mengatakan bahwa selain pelanggaran HAM, ada pelanggaran lainnya dari sisi ekonomi sosial, politik dan kewenangan yang belum dirasakan masyarakat Papua sehingga terkadang menimbulkan konflik.

“Jadi bukan saja masalah HAM dan ekonomi sosial, tetapi ada masalah hak politik serta masalah kewenangan yang menjadi masalah serius di tanah Papua” katanya dia.

Dampak dari semuanya itu, maka anggota Komite I DPD RI asal Papua Barat ini mengutarakan bahwa Pansus Papua terbentuk guna mencari solusi penyelesaian.

Filep menambahkan bahwa kehadiran Pansus Papua ditengah pemerintah Pusat hingga ke daerah Papua bukan mencari masalah baru ditengah masyarakat Papua, melainkan membantu pemerintah untuk penyelesaian masalah di tanah Papua.

Reporter : Admin.

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Rapat Terbuka IPPMMARPUT Se-INDONESIA
Berita Meepago Penkes

Alpons Yeimo ditunjuk Sebagai Ketua Panitia Musyawarah IPPMMAPUT Se-Indonesia

Paniai, Suara Mee – Berdasarkan Rapat Umum Terbuka Ikatan Pemuda pelajar Mahasiswa/I dan masyarakat Paniai Utara ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia Alpons Yeimo didaulat sebagai Ketua Panitia penyelenggara musyawarah yang pertama ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia. Hal itu disamapaikan Ketua Tim penggerak Menaken Gobai, usai diselenggarakan rapat umum di SMK Yamewa Enarotali Paniai, Sabtu (15/01/2021). Gobai mengatakan, rapat umum ini diselenggarakan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua
Berita Lingkungan Mamta

AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua

Paniai, Suara Mee – Komonitas Mahasiswa Katolik Untan dan Lelong Pontianak (KMK UNTAN), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Himpunan Mahasiswa Papua di Pontianak (HIMAPA) FMN, melaksanakan aksi penggalangan dana bagi wargaa terdampak banjir di Kota Jayapura. “Penggalanagan dana dilakukan untuk korban yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa warga Kota, Jayapura, […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa -Doc. KEPSEK
Berita Meepago Penkes

Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa

Nabire, Suara Mee – Kepala sekolah SD INPRES Bukapa, Saul Iyai membagikan baju batik sebanyak 324 buah kepada seluruh siswanya. Pembagian tersebut dilakukan bersama guru-guru pada Kamis (20/01) pagi di ruangan SD INPRES Bukapa, kaki gunung Pouya, Lembah Kamuu, Dogiyai. Saul Iyai mengatakan pembagian baju batik berwarna biru putihtersebut dengan maksud memberikan motivasi kepada seluruh […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More