Oleh : YUMAI Badii Jheff

Implementasi kebijakan dari pada UU otonomi telah gagal total, hal ini terbukti dari sejumlah evaluasi yang dilakukan oleh direktur jendral otonomi daerah kementerian dalam negeri pada tahun 2012, menyatakan bahwa kebijakan otonomi khusus dipapua belum dapat dikatan berhasil. Pernyataan sama pula dibeberkan oleh seorang aktivis terkemuka indonesia, Ariz Azhar membenarkan bahwa otonomi yg diberikan jakarta kepada orang papua itu sebenarnya hanya mau menjebak atau istilahnya mengadu domba orang papua itu sendiri.

Tuntutan rakyat papua terhadap pemerintah indonesia untuk mengembalikan hak kedaulatan kemerdekaan papua yang disuarakan oleh seluruh rakyat dan bangsa papua pada saat itu hanya karena memilik beberapa hal hal mendasar, komplek dan mengandung unsur masalah yang paling dalam yang belum pernah diselesaikan oleh pemerintah indonesia yaitu : 1. Sejarah aneksasi papua 2. Pelanggaran HAM selama beberapa dekade 3. Masalah diskriminasi selama beberapa dekade 4. Masalah eksploitasi SDA 5. Perbedaan kebudayaan, ras, etnis, dan bahasa. Yoman, 2007: 123.

Untuk memetahkan persoalan apa yang sebenarnya dihadapi oleh rakyat papua, maka salah satu lembaga independent yaitu lembaga ilmu pengetahuan indonesia ( LIPI ) melakukan penelitian yang akurat dan objektif untuk mengungkap berbagai persoalan yang dihadapi oleh rakyat papua. Dan mendorong berdialog untuk menyeselaikan berbagai persoalan yang sudah terindifikasi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh LIPI. Namun dalam hal ini pemerintah meyakini persoalan papua adalah karena pembangunan dan kesejateraan, dan menganggap enteng, tidak peduli, abaikan serta suka menyederhanakan masalah papua agar dengan itu pemerintah dengan mudahnya dapat menguasai dengan kekuatan negara dalam hal ini instusi TNI/PORLI, Karena pemerintah indonesia menganggap papua adalah bangsa yang lemah.

Mengapa otonomi khusus ini bisa hadir dipapua? Ini merupakan sebuah pertanyaan yg mengandung arti yang luas.

Sebelum papua dijadikan sebagai daerah dengan status otonomi, orang papua tidak pernah meminta makan minum. Orang papua kaya dengan segala sumber daya yang dimilikinya. Lalu kenapa otonomi harus hadir dipapua. Sangat aneh tapi nyata.

Lanjut, menyoroti isu hangat yang sedang berkembang di tubuh rakyat papua saat ini dan ini dijadikan sebagai isu panggung bahwa otonomi berakhir referendum dipapua. Pemerintah indonesia merespon ìsu ini dengan mempersiapkan langkah langkah, peraturan dan regulasi yang dirasa akan berpihak kepada rakyat dan bangsa papua untuk memperpanjang otonomi khusus dipapua. Hal ini menjadi sorotan publik, baik melalui media masa maupun kampanye penolakan otsus jilid ke-2. Dipapua sendiri, isu tentang perpanjangan otsus jilid ke-2 secara massif dan terstruktur menolak memperpanjang status otonomi khusus jilid ke-2 dipapua.

REFERENSI :Dumma socrates yoman 2007.
Pemusnahan etnis melanesia
Dumma socrates yoman 2010
Tentang OPM cetakan 1. 2010

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *